resep bumbu balado terong

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga kamu dalam keadaan baik-baik saja dan selalu bahagia. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi denganmu sebuah resep yang lezat dan khas Indonesia, yaitu resep bumbu balado terong. Siapa sih yang bisa menolak cita rasa pedas dan gurih yang menggoda ini? Jadi, mari kita mulai memasak!

Balado adalah salah satu masakan khas dari Sumatera Barat yang terkenal dengan cita rasanya yang pedas dan menggugah selera. Biasanya, balado disajikan dengan bumbu pedas yang dibuat dari campuran cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan berbagai rempah lainnya. Kali ini, kita akan menggunakan terong sebagai bahan utamanya.

Bumbu balado terong ini sangat cocok untuk menjadi lauk yang menggugah selera. Terong yang digunakan bisa beragam jenisnya, seperti terong ungu, terong hijau, atau terong bulat kecil. Terong yang dipadukan dengan bumbu balado akan menghasilkan rasa yang lezat dan nikmat. Yuk, langsung saja kita simak bahan dan langkah-langkahnya di bawah ini!

Bahan-bahan:- 4 buah terong, potong-potong sesuai selera- 5 buah cabai merah besar, iris tipis- 4 siung bawang merah, iris halus- 3 siung bawang putih, iris halus- 2 lembar daun jeruk, iris tipis- 1 batang serai, memarkan- 1 ruas lengkuas, memarkan- 2 lembar daun salam- Gula secukupnya- Garam secukupnya- Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah:1. Pertama, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.2. Tambahkan cabai merah, daun jeruk, serai, lengkuas, dan daun salam. Aduk rata dan masak hingga cabai setengah layu.3. Masukkan potongan terong ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu dan masak hingga terong setengah matang.4. Tambahkan gula dan garam secukupnya sesuai dengan selera. Aduk rata dan masak hingga terong matang sempurna dan bumbu meresap.5. Setelah itu, cicipi masakanmu. Jika rasanya sudah pas, matikan api dan angkat terong balado dari wajan.6. Terakhir, sajikan terong balado dalam piring saji. Kamu bisa menambahkan irisan daun bawang sebagai garnish untuk memberikan tampilan yang lebih menarik.

Terong balado siap disantap! Rasanya yang pedas dan gurih akan membuatmu ketagihan. Kamu bisa menyantapnya sebagai lauk pendamping nasi hangat atau bisa juga sebagai pelengkap hidangan utama. Selain itu, terong balado juga bisa menjadi hidangan vegetarian yang lezat bagi yang tidak mengonsumsi daging.

Selain rasanya yang enak, terong juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Terong kaya akan serat, vitamin C, vitamin A, dan antioksidan. Jadi, dengan menyantap terong balado, kamu tidak hanya menikmati masakan yang lezat, tetapi juga mendapatkan manfaat kesehatan dari terong itu sendiri.

Jangan lupa, sesuaikan level kepedasan bumbu balado terong sesuai dengan selera kamu. Jika kamu menyukai makanan pedas, tambahkan lebih banyak cabai merah. Sebaliknya, jika kamu tidak terlalu tahan dengan makanan pedas, kurangi jumlah cabai merah yang digunakan. Yang penting, kamu merasa nyaman dengan rasa yang dihasilkan.

Itulah resep bumbu balado terong yang bisa kamu coba di rumah. Selain mudah, bahan-bahannya juga mudah didapatkan di pasar atau supermarket terdekat. Jadikan terong balado sebagai hidangan spesial untuk keluarga atau teman-teman terdekatmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!