masakan palembang

Hello Sobat Info Negeri! Terima kasih sudah berkunjung ke artikel saya kali ini. Kali ini, kita akan membahas tentang masakan khas Palembang, sebuah kota yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan. Palembang terkenal dengan beragam kuliner yang lezat dan menggugah selera. Jadi, jika kamu pecinta kuliner, kamu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencoba masakan-masakan khas Palembang yang terkenal di seluruh Indonesia. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Salah satu masakan khas Palembang yang paling terkenal adalah pempek. Pempek adalah makanan yang terbuat dari ikan yang diolah dan dibentuk menjadi bentuk yang khas. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang segar dan ditambahkan dengan irisan ketimun dan ebi di atasnya. Terdapat berbagai jenis pempek, seperti pempek kapal selam, pempek lenjer, dan pempek keriting. Setiap jenis pempek memiliki tekstur dan rasa yang berbeda, namun semuanya tetap enak dan lezat. Pempek telah menjadi salah satu kuliner ikonik yang mampu menggoyang lidah banyak orang di Indonesia.

Selain pempek, ada satu lagi hidangan yang juga menjadi favorit di Palembang, yaitu makanan tradisional yang disebut tekwan. Tekwan adalah hidangan sup ikan yang terbuat dari daging ikan yang diolah dengan bumbu-bumbu tertentu. Biasanya, tekwan disajikan dengan tambahan pangsit rebus, irisan daun seledri, dan bawang goreng di atasnya. Sup ikan yang gurih dan segar ini sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca sedang dingin atau untuk menghangatkan perut di pagi hari.

Selanjutnya, ada juga model pempek yang disebut dengan pempek adaan. Pempek adaan memiliki tekstur yang lebih kenyal dan lembut dibandingkan dengan jenis pempek lainnya. Rasanya yang gurih dan rasa ikan yang khas membuat pempek adaan menjadi favorit banyak orang. Pempek adaan biasanya disajikan dengan kuah cuka yang segar dan ditambahkan dengan irisan ketimun yang renyah. Menyantap pempek adaan bersama keluarga atau teman-teman akan membuat momen makanmu semakin spesial.

Selain pempek, Palembang juga memiliki hidangan khas lainnya yang tidak kalah lezat, yaitu model pindang. Pindang adalah masakan yang terbuat dari bahan dasar ikan atau daging yang dimasak dengan bumbu khas Palembang. Rasanya yang gurih dan pedas membuat pindang menjadi hidangan yang menggugah selera. Ikan atau daging yang dimasak dengan bumbu pindang menghasilkan cita rasa yang unik dan menggoda lidah. Pindang biasanya disajikan dengan nasi hangat dan sayuran sebagai pelengkapnya.

Selain makanan utama, Palembang juga memiliki beragam jajanan atau makanan kecil yang patut dicoba. Salah satunya adalah model tekwan goreng. Tekwan goreng adalah hidangan yang terbuat dari bahan dasar tekwan yang digoreng dengan minyak panas. Tekwan yang digoreng menghasilkan rasa yang renyah di luar dan kenyal di dalam. Hidangan ini biasanya disajikan dengan sambal sebagai pelengkapnya. Tekwan goreng dapat dinikmati sebagai makanan ringan atau sebagai tambahan dalam menu makan siang atau makan malam.

Tidak hanya pempek, tekwan, dan pindang, Palembang juga memiliki banyak variasi makanan yang layak dicoba. Seperti model model celimpungan, model mi celor, model mie tek-tek, model mie celor, atau model pempek panggang. Semua hidangan ini memiliki rasa dan keunikan tersendiri yang tidak boleh dilewatkan jika kamu berkunjung ke Palembang. Jadi, jangan lupa mencatat nama-nama makanan ini dan pastikan kamu mencobanya saat berada di Palembang.

Demikianlah ulasan singkat mengenai masakan khas Palembang. Palembang tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kelezatan masakan tradisionalnya. Jadi, jika kamu sedang berada di Palembang, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba masakan-masakan yang telah disebutkan di atas. Selamat menikmati kuliner Palembang yang lezat dan selamat menjelajahi kota yang indah!