• Sun. Jul 14th, 2024

masak kentang goreng

BySaputra

Jan 14, 2024

Hello, Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga kalian semua dalam keadaan baik-baik saja. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang sebuah hidangan yang tak pernah lekang oleh waktu, yaitu kentang goreng. Siapa sih yang tidak menyukai kentang goreng? Rasanya yang gurih dan renyah membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Mari kita bahas lebih dalam mengenai cara memasak kentang goreng yang lezat dan nikmat!

Kentang goreng merupakan salah satu hidangan yang paling mudah dan cepat untuk disiapkan. Tidak hanya itu, kentang goreng juga dapat disantap sebagai makanan penutup atau sebagai lauk pendamping hidangan utama. Bagi sebagian orang, kentang goreng bahkan menjadi teman setia ketika menonton film atau berbincang bersama teman.

Namun, sebelum kita mulai memasak kentang goreng, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kita harus memilih jenis kentang yang tepat untuk menghasilkan kentang goreng yang sempurna. Kentang jenis Russet atau kentang berkulit merah adalah yang terbaik untuk digunakan. Kentang-kentang ini memiliki kandungan pati yang tinggi, sehingga ketika digoreng, akan menghasilkan kentang goreng yang renyah di luar namun tetap lembut di dalam.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membersihkan kentang. Cuci kentang dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan tanah yang menempel pada kulitnya. Jika ada bagian yang terlihat tidak layak atau sudah mulai mengering, sebaiknya kita buang saja. Setelah membersihkan kentang, kupas kulitnya menggunakan pisau atau pengupas kentang. Pastikan kulit kentang benar-benar bersih dan tidak ada sisa kulit yang masih menempel.

Setelah kentang dikupas, kita perlu memotongnya menjadi bentuk yang diinginkan. Biasanya, kentang goreng dipotong menjadi bentuk batangan atau potongan dadu. Namun, jika Sobat Info Negeri lebih menyukai kentang goreng yang berbentuk keriting atau wedges, boleh juga kok! Potongan kentang goreng yang berbeda-beda ini akan memberikan variasi tampilan pada hidangan kita.

Selanjutnya, kita perlu merendam potongan kentang dalam air dingin selama beberapa menit. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kelebihan pati pada kentang, sehingga nantinya kentang goreng kita akan lebih renyah. Setelah merendam, keringkan kentang dengan menggunakan kain bersih atau tisu dapur.

Sekarang, saatnya menggoreng kentang. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Jika Sobat Info Negeri memiliki termometer minyak, pastikan suhu minyak mencapai sekitar 175 derajat Celsius. Jika tidak memiliki termometer, kita bisa melakukan uji coba dengan meletakkan sepotong kentang ke dalam minyak. Jika kentang tersebut mulai berbuih dan menghasilkan gelembung-gelembung kecil, berarti minyak sudah siap untuk digunakan.

Goreng kentang dalam minyak panas selama beberapa menit hingga berubah menjadi warna keemasan yang menggoda. Jangan terlalu banyak menggoreng sekaligus, agar kentang tetap renyah. Jika kentangnya terlalu banyak dalam satu waktu, suhu minyak bisa turun dan hasilnya akan menjadi kentang goreng yang lebih berminyak dan tidak secrispy yang diinginkan.

Setelah kentang matang, angkat dan tiriskan menggunakan saringan atau piring yang dilapisi dengan tisu dapur. Tisu dapur akan menyerap minyak yang berlebihan pada kentang goreng kita. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya saat masih panas, agar rasa gurih kentang goreng semakin terasa.

Nah, sekarang Sobat Info Negeri sudah tahu cara membuat kentang goreng yang enak dan renyah. Jangan lupa untuk menyesuaikan rasa dengan selera masing-masing. Jika Sobat Info Negeri suka dengan rasa pedas, bisa menambahkan cabai bubuk atau paprika bubuk pada saat menggoreng kentang. Bagi yang suka dengan rasa manis, bisa menambahkan sedikit gula pada saat proses penggorengan. Variasikanlah topping pada kentang goreng seperti keju parut, saus BBQ, atau saus tartar agar hidangan kita semakin istimewa.

Sekian artikel tentang cara memasak kentang goreng. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Info Negeri yang ingin mencoba membuat hidangan ini sendiri di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati kentang goreng yang lezat!

By Saputra