masak jengkol balado

Hello sobat Info Negeri! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan yang baik dan sehat-sehat saja ya. Kali ini, saya akan berbagi informasi seputar masakan yang mungkin menjadi salah satu favorit banyak orang, yaitu masak jengkol balado. Siapa yang tidak kenal dengan jengkol? Buah yang memiliki aroma khas ini sering kali menjadi bahan makanan yang menggugah selera. Yuk, simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara membuat masakan jengkol balado yang lezat!

Sebelum masuk ke resepnya, mari kita bahas sedikit tentang jengkol. Jengkol merupakan jenis buah yang sering digunakan sebagai bahan masakan di Indonesia. Buah ini memiliki bau yang khas dan rasa yang gurih. Meskipun begitu, tidak semua orang menyukai jengkol karena aroma khasnya yang kuat. Namun, bagi pecinta jengkol, masakan jengkol balado adalah salah satu pilihan yang tepat untuk mengolah buah ini.

Masakan jengkol balado adalah salah satu hidangan yang mudah dibuat namun memiliki cita rasa yang kaya. Biasanya, jengkol yang digunakan dalam masakan ini diolah terlebih dahulu agar tidak terlalu keras dan agar bau khasnya berkurang. Setelah itu, jengkol direbus hingga empuk, kemudian digoreng hingga kecokelatan sehingga memiliki tekstur yang renyah.

Untuk membuat masakan jengkol balado, Anda akan membutuhkan beberapa bahan seperti jengkol, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, tomat, daun jeruk, dan bumbu-bumbu lainnya sesuai dengan selera. Pertama-tama, Anda dapat menggoreng jengkol yang telah direbus hingga kecokelatan. Pastikan jengkol matang merata sehingga memiliki tekstur yang lezat saat digigit.

Setelah itu, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai merah dan cabai rawit yang telah dihaluskan bersama dengan daun jeruk. Aduk rata hingga bumbu tercampur merata. Selanjutnya, masukkan jengkol yang telah digoreng ke dalam tumisan bumbu tersebut. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap ke dalam jengkol.

Tambahkan sedikit air secukupnya agar masakan tidak terlalu kering. Kemudian, masukkan tomat yang telah dipotong-potong kecil-kecil. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya untuk memberikan rasa yang lebih nikmat. Aduk rata dan biarkan masakan jengkol balado mendidih hingga air berkurang dan bumbu meresap ke dalam jengkol.

Selanjutnya, masak masakan jengkol balado dengan api kecil hingga bumbu benar-benar meresap dan jengkol menjadi lebih empuk. Saat aroma masakan mulai harum, itu artinya masakan sudah matang dan siap disajikan. Anda dapat menyantap masakan jengkol balado ini bersama dengan nasi putih hangat atau nasi uduk yang gurih.

Tak dapat dipungkiri, masakan jengkol balado memang memiliki cita rasa yang begitu khas dan lezat. Aroma jengkol yang khas berpadu dengan rasa pedas dan gurih dari bumbu balado menciptakan harmoni yang sempurna di lidah. Meskipun jengkol tidak selalu disukai oleh semua orang, namun bagi yang menyukainya, masakan ini akan menjadi menu yang menggugah selera.

Selain memiliki rasa yang enak, masakan jengkol balado juga memiliki manfaat kesehatan. Jengkol mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan dan membantu mengatasi sembelit. Selain itu, jengkol juga mengandung zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan darah. Namun, bagi yang memiliki gangguan ginjal, sebaiknya menghindari konsumsi jengkol karena buah ini mengandung purin yang dapat meningkatkan risiko gangguan ginjal.

Itulah tadi resep dan informasi seputar masakan jengkol balado. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Sobat Info Negeri yang sedang mencari ide masakan yang lezat dan bergizi. Selamat mencoba masak jengkol balado di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga tercinta. Jangan khawatir dengan aroma khasnya, karena setelah dimasak dengan bumbu balado, aroma tersebut akan berkurang. Selamat menikmati!