masak ikan kembung bumbu kuning

Hello, Sobat Info Negeri! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya baik-baik saja dan suasana hati Sobat selalu cerah sepanjang hari. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas resep masakan yang lezat dan menggugah selera, yaitu ikan kembung bumbu kuning. Siapa yang tidak menyukai ikan segar dengan cita rasa kuning yang khas? Mari kita simak lebih lanjut bagaimana cara memasak ikan kembung bumbu kuning yang enak dan lezat ini.

Ikan kembung adalah salah satu jenis ikan laut yang sering dijumpai di perairan Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, ikan kembung juga sangat lezat dan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional maupun supermarket. Biasanya, ikan ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga cocok untuk diolah menjadi berbagai hidangan, termasuk bumbu kuning.

Untuk memasak ikan kembung bumbu kuning, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan. Pertama-tama, tentu saja kita membutuhkan ikan kembung segar, sekitar 500 gram. Kemudian, siapkan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, serai, daun jeruk, cabai merah, dan cabai rawit. Sedangkan untuk bumbu pelengkap, kita membutuhkan air asam jawa, gula, garam, dan kaldu bubuk.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan ikan kembung. Bersihkan ikan dari sisik-sisiknya dan cuci hingga bersih. Setelah itu, lumuri ikan dengan garam dan peras sedikit air jeruk nipis agar aroma amisnya hilang. Diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap.

Selanjutnya, siapkan bumbu-bumbu yang akan digunakan untuk membuat bumbu kuning. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, serai, daun jeruk, cabai merah, dan cabai rawit hingga harum. Pastikan api dalam keadaan kecil agar bumbu tidak gosong.

Setelah bumbu kuning matang, masukkan ikan kembung ke dalam wajan. Aduk rata ikan dengan bumbu kuning dan biarkan ikan matang meresap selama beberapa menit. Jika ingin menciptakan rasa yang lebih kuat, tambahkan air kaldu dari rebusan tulang ikan. Biarkan ikan dan bumbu kuning mendidih dalam wajan selama beberapa saat.

Setelah itu, tambahkan air asam jawa, gula, garam, dan kaldu bubuk sesuai dengan selera. Aduk rata dan biarkan ikan kembung bumbu kuning matang sempurna. Pastikan tidak terlalu lama memasak ikan agar dagingnya tetap lezat dan tidak kering.

Setelah ikan kembung matang, angkat dari wajan dan hidangkan di atas piring saji. Taburi ikan dengan irisan daun bawang atau seledri untuk memberikan sentuhan segar pada hidangan ini. Ikan kembung bumbu kuning siap disajikan dengan nasi hangat dan sambal terasi sebagai pelengkap.

Tidak hanya lezat dan menggugah selera, ikan kembung bumbu kuning juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Ikan ini kaya akan protein, vitamin, dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi ikan kembung secara teratur, Sobat Info Negeri dapat memperoleh nutrisi yang dibutuhkan tanpa khawatir akan kesehatan.

Demikianlah resep masakan ikan kembung bumbu kuning yang lezat dan mudah untuk dipraktikkan di rumah. Selain rasanya yang enak, masakan ini juga dapat menjadi alternatif bagi Sobat yang ingin mencoba hidangan ikan yang berbeda. Jangan lupa untuk berbagi resep ini kepada teman-teman Sobat Info Negeri agar mereka juga dapat menikmati hidangan yang lezat ini.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Info Negeri! Semoga resep masakan ikan kembung bumbu kuning ini bermanfaat bagi Sobat yang sedang mencari variasi hidangan ikan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!