masak ikan kakap bumbu kuning

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang resep masak ikan kakap bumbu kuning yang lezat dan menggugah selera. Ikan kakap bumbu kuning merupakan salah satu hidangan seafood yang sangat populer di Indonesia, terutama di daerah pesisir. Tidak hanya lezat, namun juga kaya akan gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak artikel berikut ini!

Ikan kakap bumbu kuning adalah salah satu hidangan yang tidak boleh dilewatkan bagi para pecinta seafood. Ikan kakap yang digunakan dalam hidangan ini memiliki daging yang lembut dan gurih. Ditambah dengan bumbu kuning yang khas, membuat hidangan ini semakin menggoda selera. Bumbu kuning terdiri dari berbagai rempah-rempah seperti kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, dan beberapa bahan lainnya yang memberikan aroma dan rasa yang begitu khas.

Untuk membuat hidangan ikan kakap bumbu kuning ini, tentunya kita perlu menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat hidangan ini relatif mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Beberapa bahan yang perlu disiapkan antara lain ikan kakap segar, kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, cabai merah, daun jeruk purut, serai, santan kelapa, minyak goreng, dan garam secukupnya.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan ikan kakap. Bersihkan ikan dari sisik dan lendir yang menempel. Setelah itu, cuci ikan dengan air bersih dan lumuri dengan perasan jeruk nipis agar bau amis pada ikan hilang. Setelah ikan dibersihkan, haluskan bumbu kuning yang terdiri dari kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, dan cabai merah menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan sedikit air agar bumbu kuning lebih mudah dihaluskan.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bumbu kuning yang sudah dihaluskan hingga harum. Masukkan serai dan daun jeruk purut untuk memberikan aroma yang segar pada hidangan ini. Aduk-aduk bumbu hingga merata dan matang. Setelah itu, tambahkan santan kelapa sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Tambahkan garam secukupnya sesuai dengan selera.

Setelah bumbu kuning matang dan santan telah tercampur rata, masukkan ikan kakap yang telah dibersihkan tadi ke dalam wajan. Pastikan ikan terendam dalam bumbu kuning agar bumbu meresap ke dalam daging ikan. Tutup wajan dan biarkan ikan matang dengan api kecil selama kurang lebih 20 – 30 menit atau hingga ikan empuk dan bumbu meresap sempurna.

Setelah hidangan ikan kakap bumbu kuning matang, angkat ikan dan sajikan di atas piring saji. Hidangkan dengan nasi putih hangat dan variasi sayuran sesuai selera. Hidangan ikan kakap bumbu kuning siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba!

Demikianlah artikel tentang resep masak ikan kakap bumbu kuning yang lezat dan menggugah selera. Hidangan ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi kegiatan kuliner Anda di rumah. Selain rasanya yang lezat, hidangan ini juga kaya akan manfaat gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi Sobat Info Negeri yang mencari hidangan seafood yang lezat dan mudah untuk dibuat di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan ikan kakap bumbu kuning yang lezat!