masak daging sapi tanpa santan

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak daging sapi tanpa santan. Bagi kalian yang ingin menikmati masakan daging sapi yang lezat namun ingin menghindari penggunaan santan, artikel ini sangat cocok untuk kalian simak. Yuk, kita mulai!

Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang kaya protein dan sangat digemari oleh banyak orang. Namun, beberapa orang mungkin menghindari santan dalam masakan mereka karena alasan kesehatan, alergi, atau diet tertentu. Tapi jangan khawatir, masakan daging sapi tanpa santan tetap bisa lezat dan menggugah selera.

Salah satu resep yang bisa kita coba adalah “Daging Sapi Balado Tanpa Santan”. Rasanya yang pedas dan gurih akan memanjakan lidah kita. Pertama-tama, kita siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Kita butuh 500 gram daging sapi yang telah dipotong dadu, 3 siung bawang putih yang dihaluskan, 4 buah cabe merah besar yang diiris serong, 2 buah tomat yang dipotong dadu, 1 sendok makan air asam jawa, 1 sendok teh gula merah, 1 sendok teh garam, dan minyak goreng secukupnya.

Langkah pertama, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukkan cabe merah. Aduk rata hingga cabe merah layu. Setelah itu, masukkan daging sapi dan aduk hingga daging berubah warna menjadi kecoklatan. Tambahkan air asam jawa, gula merah, dan garam. Aduk rata dan biarkan masakan mendidih.

Setelah mendidih, tambahkan potongan tomat dan aduk kembali. Tutup wajan dan biarkan masakan matang selama kurang lebih 30 menit atau hingga daging sapi menjadi empuk. Pastikan untuk sesekali membuka tutup wajan dan mengaduk masakan agar tidak gosong.

Setelah masakan matang, angkat daging sapi balado tanpa santan dari wajan dan sajikan dalam piring saji. Daging sapi yang lezat dan gurih ini dapat disajikan dengan nasi putih hangat atau nasi merah.

Selain daging sapi balado, masih banyak resep masakan daging sapi tanpa santan lainnya yang dapat kita coba. Salah satunya adalah “Daging Sapi Lada Hitam Tanpa Santan”. Rasanya yang pedas dan aromatik akan membuat lidah kita bergoyang.

Untuk membuat daging sapi lada hitam tanpa santan, kita butuh 500 gram daging sapi yang telah dipotong tipis, 3 siung bawang putih yang dihaluskan, 1/2 sendok teh lada hitam, 2 sendok makan kecap manis, 1 sendok makan kecap asin, 1 sendok makan saus tiram, 1 sendok teh garam, dan minyak goreng secukupnya.

Pertama-tama, panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih dan lada hitam hingga harum. Masukkan daging sapi dan aduk rata hingga daging berubah warna. Tambahkan kecap manis, kecap asin, saus tiram, dan garam. Aduk rata dan biarkan masakan matang selama kurang lebih 20 menit.

Setelah matang, angkat daging sapi lada hitam tanpa santan dan sajikan dalam piring saji. Daging sapi ini cocok disajikan dengan nasi putih hangat dan juga sayuran seperti brokoli atau wortel.

Nah, itulah beberapa resep masakan daging sapi tanpa santan yang bisa kita coba di rumah. Meskipun tidak menggunakan santan, masakan daging sapi tetap lezat dan menggugah selera. Selain itu, dengan menghindari penggunaan santan, kita juga dapat menjaga pola makan yang lebih sehat dan mengurangi kelebihan kalori.

Jadi, bagi kalian yang ingin menikmati masakan daging sapi tanpa santan, tidak perlu khawatir lagi. Coba resep-resep di atas dan nikmati kelezatannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!