masak ceker mercon

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Saya harap semuanya baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi informasi tentang masakan yang sedang populer, yaitu masak ceker mercon. Siapa yang tidak kenal dengan masakan yang satu ini? Masak ceker mercon sudah menjadi salah satu kuliner favorit bagi pecinta pedas di Indonesia. Jika kalian penasaran dan ingin mencoba memasaknya sendiri, yuk simak artikel ini sampai selesai.

Masak ceker mercon adalah salah satu jenis masakan dengan bahan dasar ceker ayam yang dimasak dengan bumbu pedas yang menggugah selera. Rasanya yang pedas dan gurih membuat masakan ini menjadi favorit banyak orang. Selain itu, tekstur kenyal dari ceker ayam juga menambah kelezatan masakan ini.

Untuk membuat masak ceker mercon, tentunya kita memerlukan beberapa bahan dan bumbu yang tidak sulit untuk didapatkan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. 500 gram ceker ayam, bersihkan dan rebus hingga matang2. 5 siung bawang merah, iris tipis3. 3 siung bawang putih, haluskan4. 3 buah cabai merah besar, iris serong5. 5 buah cabai rawit merah, iris serong6. 2 lembar daun jeruk, iris tipis7. 1 batang serai, memarkan8. 2 cm lengkuas, memarkan9. 3 lembar daun salam10. 2 sendok makan kecap manis11. 1 sendok makan saus tomat12. Garam secukupnya13. Penyedap rasa secukupnya14. Minyak goreng secukupnya

Setelah kita menyiapkan semua bahan yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah memasak ceker mercon. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pertama-tama, panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit merah, daun jeruk, serai, lengkuas, dan daun salam hingga harum.2. Setelah itu, masukkan ceker ayam yang sudah direbus sebelumnya ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu.3. Tambahkan kecap manis dan saus tomat, lalu aduk rata.4. Beri garam dan penyedap rasa secukupnya sesuai dengan selera.5. Masak ceker mercon dengan api kecil hingga bumbu meresap dan ceker ayam empuk.6. Jika sudah matang, angkat ceker mercon dari wajan dan sajikan dalam piring saji.

Tadaa! Masak ceker mercon siap disantap. Selain rasanya yang lezat, masakan ini juga memiliki tampilan yang menggugah selera. Anda bisa menyajikannya sebagai lauk pelengkap nasi putih hangat atau sebagai hidangan utama bersama teman dan keluarga.

Namun, perlu diingat bahwa masakan ini sangat pedas. Jadi, jika Anda tidak terbiasa dengan makanan pedas, sebaiknya kurangi jumlah cabai rawit yang digunakan atau ganti dengan cabai yang lebih mild seperti cabai hijau besar.

Selain itu, jangan lupa untuk mencoba varian lain dari masakan ceker mercon. Anda bisa menambahkan bahan lain seperti kentang, wortel, atau jamur agar masakan ini semakin beragam dan menarik. Anda juga bisa menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai dengan selera masing-masing.

Jadi, itulah artikel tentang masak ceker mercon yang bisa saya bagikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba memasak masakan pedas yang enak ini di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati masak ceker mercon yang lezat!