masak bubur kacang hijau

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga semuanya baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak bubur kacang hijau yang lezat dan menggugah selera. Siapa yang tidak suka dengan bubur kacang hijau? Rasanya yang manis dan legit membuatnya menjadi salah satu hidangan yang tak tergantikan. Nah, tanpa panjang lebar lagi, mari kita simak cara membuat bubur kacang hijau yang enak berikut ini.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bubur kacang hijau ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasaran. Kalian hanya perlu menyiapkan:- 250 gram kacang hijau, rendam semalaman- 200 gram gula merah, serut halus- 1 liter air matang- 200 ml santan kental- 1 lembar daun pandan, ikat simpul- Sejumput garam

Setelah bahan-bahan siap, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merebus kacang hijau yang sudah direndam semalaman hingga empuk. Siapkan panci berukuran sedang, masukkan air matang ke dalam panci, lalu tambahkan kacang hijau yang sudah direndam. Masak kacang hijau dengan api sedang hingga empuk dan mengental. Hal ini biasanya memakan waktu sekitar 30-45 menit, tergantung pada jenis kacang hijau yang digunakan.

Selanjutnya, tambahkan serutan gula merah ke dalam panci yang berisi kacang hijau yang sudah matang. Aduk rata hingga gula merah benar-benar larut dan menghasilkan bubur yang berwarna cokelat keunguan yang khas. Tambahkan sejumput garam untuk memberikan sedikit rasa yang kontras dengan manisnya gula merah.

Setelah itu, masukkan santan kental ke dalam panci dan aduk rata. Tambahkan juga daun pandan yang sudah diikat simpul untuk memberikan aroma yang harum pada bubur kacang hijau ini. Masak bubur kacang hijau dengan api kecil hingga semua bahan tercampur sempurna dan menghasilkan tekstur yang lembut dan menggugah selera.

Setelah bubur kacang hijau matang dan memiliki tekstur yang pas, angkat panci dari kompor dan biarkan beberapa saat hingga suhunya agak dingin. Bubur kacang hijau yang masih panas biasanya akan terasa lebih kental, namun jika kalian ingin menyantapnya dalam keadaan lebih cair, biarkan bubur tersebut mendingin terlebih dahulu sebelum disajikan.

Bubur kacang hijau yang lezat ini bisa disajikan dalam berbagai variasi. Beberapa pilihan topping yang bisa ditambahkan di antaranya adalah kelapa parut, biji salak, atau kacang sangrai. Tambahkan sesuai dengan selera kalian dan nikmati sajian bubur kacang hijau yang lezat ini bersama keluarga atau teman-teman tercinta.

Selain rasanya yang lezat, bubur kacang hijau juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Kandungan serat dan protein yang tinggi dalam kacang hijau membuatnya menjadi makanan yang baik untuk pencernaan. Selain itu, kacang hijau juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Nah, itulah cara membuat bubur kacang hijau yang lezat dan menggugah selera. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, kalian bisa mencoba membuat hidangan ini di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa untuk berbagi dengan kami pengalaman kalian dalam membuat bubur kacang hijau ini. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya, Sobat Info Negeri!