kue ubi kukus

Title: Nikmatnya Kue Ubi Kukus yang Lembut dan Manis

Kenalan dengan Kue Ubi Kukus

Hello teman-teman, hari ini saya ingin berbicara tentang salah satu kue tradisional Indonesia yang populer, yaitu kue ubi kukus. Kue ini memiliki tekstur lembut dan rasa manis yang enak di lidah. Ubi kuning yang digunakan sebagai bahan utama memberikan kelembutan dan kelezatan pada kue ini. Anda pasti tidak ingin melewatkan kue yang lezat ini.

Sejarah Kue Ubi Kukus

Kue ubi kukus merupakan salah satu jenis kue yang sudah ada sejak zaman dulu. Kue ini berasal dari Jawa Tengah dan sudah menjadi salah satu kue tradisional yang sangat terkenal. Di daerah-daerah lain di Indonesia, kue ini memiliki variasi dan cara pembuatan yang berbeda. Namun, pada dasarnya, kue ubi kukus terbuat dari tepung ketan dan ubi kuning yang diparut halus.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat kue ubi kukus yang lezat dan lembut, Anda membutuhkan beberapa bahan, seperti ubi kuning yang sudah dikukus dan dihaluskan, gula pasir, tepung ketan, santan kelapa, vanili, dan air matang. Bahan-bahan ini mudah didapatkan dan harganya juga terjangkau.

Cara Membuat Kue Ubi Kukus

1. Campurkan ubi yang sudah dihaluskan dengan tepung ketan dan gula pasir dalam wadah yang berbeda.2. Tambahkan santan kelapa, vanili, dan air matang sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk hingga adonan menjadi lembut dan kental.3. Siapkan loyang dan oleskan dengan sedikit minyak agar kue tidak lengket. Tuangkan adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya.4. Kukus adonan selama 30-40 menit atau hingga matang.5. Angkat kue ubi kukus dari loyang dan biarkan dingin sebelum dipotong-potong.

Table: Resep Kue Ubi Kukus

Bahan Jumlah
Ubi kuning kukus 500 gram
Tepung ketan 200 gram
Gula pasir 150 gram
Santan kelapa 300 ml
Air matang 100 ml
Vanili 1 sachet

Cara Menikmati Kue Ubi Kukus

Kue ubi kukus bisa dinikmati dengan berbagai cara, bisa disajikan sebagai camilan atau makanan penutup. Kue ini juga enak disajikan dengan secangkir teh atau kopi. Anda juga bisa menambahkan meses atau keju parut sebagai topping untuk menambah rasa pada kue ini.

Kesimpulan

Kue ubi kukus merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer. Kue ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan dan harganya juga terjangkau. Tekstur lembut dan rasa manis yang enak membuat kue ini sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan atau makanan penutup. Apalagi, kue ubi kukus sangat mudah dibuat di rumah. Yuk, coba buat sendiri di rumah dan nikmati kelezatannya!