cara membuat kue dari labu kuning

Hello teman-teman pembaca setia kami! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kue dari labu kuning. Siapa nih yang suka sama labu kuning? Pasti banyak ya. Selain rasanya yang enak, labu kuning juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Nah, kali ini kita akan memanfaatkan labu kuning tersebut untuk membuat kue yang lezat dan sehat. Yuk, simak artikel berikut ini!

Manfaat Labu Kuning

Sebelum kita mulai membuat kue dari labu kuning, ada baiknya kita tahu terlebih dahulu manfaat dari labu kuning tersebut. Labu kuning mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, potassium, dan juga serat. Selain itu, labu kuning juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mengendalikan kadar gula darah, serta membantu menjaga kesehatan kulit.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan kue, ada baiknya kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan Jumlah
Labu kuning 500 gram
Tepung terigu 200 gram
Gula pasir 150 gram
Telur ayam 3 butir
Mentega 100 gram
Susu cair 100 ml
Baking powder 1 sendok teh
Vanili bubuk 1 sendok teh

Cara Membuat Kue dari Labu Kuning

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, sekarang kita akan memulai proses pembuatan kue dari labu kuning. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Kupas labu kuning dan potong menjadi bagian-bagian kecil. Rebus labu kuning tersebut hingga lunak, kemudian blender hingga halus.

2. Pisahkan kuning telur dan putih telur pada tiga butir telur yang telah disiapkan. Kocok putih telur hingga mengembang, sisihkan.

3. Kocok mentega dan gula pasir hingga lembut dan berwarna pucat. Tambahkan kuning telur satu per satu sambil terus dikocok hingga rata.

4. Masukkan labu kuning yang telah dihaluskan ke dalam adonan mentega dan gula pasir. Aduk hingga rata.

5. Tambahkan tepung terigu, baking powder, vanili bubuk, dan susu cair ke dalam adonan. Aduk hingga rata.

6. Setelah itu, masukkan putih telur yang telah dikocok ke dalam adonan secara perlahan-lahan. Aduk hingga rata.

7. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah diolesi mentega dan dialasi kertas roti.

8. Panggang adonan dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius selama kurang lebih 35-40 menit atau hingga matang.

9. Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin terlebih dahulu sebelum dipotong-potong dan dihidangkan.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu nih cara membuat kue dari labu kuning yang lezat dan sehat. Selain rasanya yang enak, kue labu kuning juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuat kue ini di rumah ya. Selamat mencoba!