cara membuat donat sederhana

Title: Cara Membuat Donat Sederhana yang Lezat

Kenalan dengan Donat

Hello, teman-teman! Apakah kalian suka donat? Kue berbentuk cincin yang lezat ini menjadi favorit banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Donat terbuat dari adonan yang digoreng hingga kecoklatan dan kemudian ditaburi dengan gula halus atau coklat. Di pasar, terdapat berbagai jenis donat yang dijual dengan berbagai rasa dan warna. Namun, kali ini, kita akan belajar cara membuat donat sederhana yang dapat kalian coba di rumah.

Bahan-Bahan untuk Donat Sederhana

Sebelum kita mulai memasak, pastikan kita memiliki semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat donat sederhana:

Bahan Jumlah
Tepung Terigu 250 gram
Gula Pasir 50 gram
Telur 1 butir
Margarin 50 gram
Garam 1/2 sendok teh
Susu Cair 100 ml
Ragi Instan 1 sendok teh
Minyak Goreng Secukupnya
Gula Halus Secukupnya

Cara Membuat Adonan Donat

Setelah memiliki semua bahan, kita bisa mulai membuat adonan donat. Pertama, campurkan tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan dalam sebuah wadah. Aduk hingga tercampur rata. Selanjutnya, tambahkan telur, margarin yang telah dicairkan, dan susu cair ke dalamnya. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata dan membentuk adonan yang elastis. Tambahkan garam dan aduk kembali hingga tercampur merata. Setelah itu, tutup wadah dengan kain dan diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang.

Membentuk Donat

Saat adonan telah mengembang, taburkan tepung terigu pada permukaan meja atau talenan. Letakkan adonan di atasnya dan gilas hingga setebal 1 cm. Setelah itu, gunakan cetakan donat atau gelas dengan diameter 6-7 cm untuk memotong adonan. Setelah dipotong, letakkan donat di atas loyang yang telah diolesi dengan minyak goreng. Biarkan donat mengembang kembali selama 15 menit.

Cara Menggoreng Donat

Saat donat telah mengembang, panaskan minyak goreng di dalam wajan. Pastikan minyak cukup banyak dan panas agar donat bisa matang dengan sempurna. Setelah minyak panas, masukkan donat ke dalam wajan. Goreng donat hingga kedua sisinya berwarna kecoklatan. Angkat donat dan letakkan di atas kertas minyak untuk menyerap sisa minyak.

Penyajian Donat Sederhana

Setelah donat matang dan dingin, taburi donat dengan gula halus atau coklat sesuai selera. Donat sederhana dan lezat siap disajikan. Kalian juga bisa memvariasikan donat ini dengan menambahkan topping seperti selai atau kacang.

Kesimpulan

Itulah cara membuat donat sederhana yang bisa kalian coba di rumah. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan langkah yang sederhana, kalian bisa membuat donat yang enak dan lezat. Selamat mencoba!