• Sun. Jul 14th, 2024

cara memasak sop iga

BySaputra

Jan 24, 2024

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga semuanya dalam keadaan baik dan bersemangat untuk belajar memasak. Kali ini, kita akan berbicara tentang salah satu hidangan favorit di Indonesia, yaitu sop iga. Siapa yang tidak menyukai sop iga yang lezat dan bergizi ini? Mari kita bahas cara memasak sop iga yang sempurna.

Sop iga adalah hidangan tradisional Indonesia yang terkenal dengan kuahnya yang gurih dan daging iga yang empuk. Biasanya sop iga disajikan dengan tambahan sayuran seperti wortel, kentang, dan seledri untuk memberikan cita rasa yang lebih segar dan seimbang. Jadi, tanpa basa-basi lagi, berikut adalah cara memasak sop iga yang dapat kalian ikuti di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak sop iga ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar lokal. Kalian akan membutuhkan iga sapi segar sebanyak 500 gram, wortel secukupnya yang dipotong dadu, kentang secukupnya yang dipotong dadu, seledri secukupnya yang diiris, bawang putih dan bawang merah sebanyak 3 siung, jahe sebesar ibu jari yang diiris tipis, garam secukupnya, merica secukupnya, serta minyak goreng secukupnya.

Langkah pertama dalam memasak sop iga adalah mencuci iga sapi dengan bersih dan memotongnya menjadi potongan-potongan kecil. Setelah itu, rebus iga sapi dengan air mendidih selama kurang lebih 30 menit agar dagingnya menjadi lebih empuk. Setelah direbus, angkat dan tiriskan iga sapi.

Selanjutnya, panaskan minyak goreng dalam panci dan tumis bawang putih, bawang merah, dan jahe hingga harum. Tambahkan iga sapi yang sudah direbus ke dalam panci dan aduk rata dengan bumbu tumis. Masukkan air secukupnya dan biarkan mendidih.

Setelah itu, tambahkan wortel, kentang, dan seledri ke dalam panci. Tambahkan garam dan merica secukupnya untuk memberikan cita rasa yang pas. Aduk rata dan biarkan semuanya mendidih bersama-sama.

Selama proses pemasakan, pastikan untuk memeriksa keempukan iga sapi. Jika iga sapi masih terlalu keras, tambahkan air dan masak lebih lama. Namun, jika iga sapi sudah empuk, kalian dapat mematikan api dan menyajikan sop iga yang lezat ini dalam mangkuk saji.

Sop iga siap disajikan dan dinikmati! Kalian dapat menambahkan sedikit seledri yang diiris sebagai hiasan untuk memberikan sentuhan segar pada hidangan ini. Sop iga yang gurih dan lezat ini cocok disantap bersama nasi putih hangat atau roti tawar.

Selain rasanya yang lezat, sop iga juga mengandung nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Daging iga sapi kaya akan protein, zat besi, dan vitamin B12 yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otot. Sedangkan sayuran seperti wortel dan kentang mengandung serat, vitamin, dan mineral yang mendukung kesehatan kita secara keseluruhan.

Jadi, bagaimana Sobat Info Negeri? Tidak sulit, bukan? Dengan sedikit usaha, kalian dapat menciptakan sop iga yang lezat dan bergizi di rumah. Jangan ragu untuk mencoba resep ini dan berbagi dengan keluarga dan teman-teman kalian. Selamat mencoba!

By Saputra