cara memasak nasi briyani

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Saya harap kalian semua baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak nasi briyani. Bagi pecinta kuliner, mungkin sudah tidak asing lagi dengan hidangan yang satu ini. Nasi briyani adalah hidangan berbahan dasar nasi yang diunggulkan oleh beberapa negara di Asia. Hidangan ini terkenal karena citarasa yang kaya dan aroma yang menggugah selera. Yuk, simak cara memasak nasi briyani yang santai berikut ini!

Pertama-tama, bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak nasi briyani adalah sebagai berikut:1. 500 gram beras basmati2. 500 gram daging ayam atau daging sapi (sesuai selera)3. 2 sendok makan minyak sayur4. 2 sendok makan mentega5. 2 buah bawang bombay, potong tipis6. 4 siung bawang putih, cincang halus7. 1 ruas jahe, parut8. 3 batang serai, memarkan9. 4 lembar daun salam10. 1 sendok makan bubuk kari11. 1 sendok teh merica bubuk12. 1 sendok teh kunyit bubuk13. 1 sendok teh jintan bubuk14. 1 sendok teh kayu manis bubuk15. Garam secukupnya16. Air secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci beras basmati hingga bersih. Gunakan air mengalir untuk mencuci beras agar kotoran dan kandungan pati berlebih dapat terbuang. Setelah dicuci, rendam beras dalam air selama 30 menit. Setelah itu, tiriskan beras dan sisihkan.

Selanjutnya, siapkan panci dengan alas anti lengket. Panaskan minyak sayur dan mentega di atas api sedang. Tumis bawang bombay, bawang putih, jahe, serai, daun salam, bubuk kari, merica bubuk, kunyit bubuk, jintan bubuk, dan kayu manis bubuk hingga harum dan matang sempurna.

Setelah tumisan bumbu tercium wangi, masukkan daging ayam atau daging sapi yang sudah dipotong kecil-kecil sesuai selera. Aduk hingga daging berubah warna. Setelah itu, masukkan beras basmati yang sudah dibilas dan ditiriskan sebelumnya. Aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam beras dan daging.

Kemudian, tambahkan air secukupnya ke dalam panci hingga melebihi permukaan beras kira-kira 1 cm. Tambahkan garam secukupnya sesuai selera. Aduk rata dan pastikan semua beras terendam air. Tutup panci dengan rapat dan masak dengan api kecil selama kurang lebih 20-25 menit atau hingga air meresap dan beras matang sempurna.

Setelah nasi briyani matang, matikan api dan biarkan nasi beristirahat selama kurang lebih 10 menit. Hal ini akan membantu nasi menjadi lebih lezat dan mengembang dengan baik. Setelah istirahat, nasi briyani siap disajikan!

Untuk penyajian, Anda bisa menambahkan potongan daging ayam atau daging sapi yang dimasak bersama nasi briyani. Anda juga bisa menambahkan irisan telur rebus, kacang polong, dan potongan tomat untuk menambah kelezatan hidangan ini. Jangan lupa, hidangkan nasi briyani dengan acar, yogurt, atau sambal untuk menambah cita rasa yang segar.

Itulah cara memasak nasi briyani yang santai dan mudah. Selamat mencoba di dapur kalian sendiri, Sobat Info Negeri! Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa menikmati hidangan lezat ini bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Jangan lupa untuk berkreasi dengan bahan tambahan sesuai dengan selera masing-masing. Selamat mencoba dan semoga berhasil!