• Thu. Jul 18th, 2024

cara memasak mie tiaw

BySaputra

Dec 12, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi informasi tentang cara memasak mie tiaw yang lezat dan menggugah selera. Bagi pecinta kuliner, mie tiaw tentu sudah tidak asing lagi. Rasanya yang enak dan teksturnya yang kenyal membuat mie tiaw menjadi salah satu hidangan favorit di Indonesia. Nah, tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak cara memasak mie tiaw yang mudah dan praktis!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak mie tiaw ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar atau supermarket terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. Mie tiaw (dalam ukuran sesuai selera)2. Daging ayam (dapat diganti dengan daging sapi atau udang, sesuai selera)3. Sayuran segar (misalnya wortel, kol, atau sawi)4. Bawang putih (sekitar 3-4 siung)5. Kecap manis (secukupnya)6. Saos tiram (secukupnya)7. Garam dan merica (secukupnya)8. Minyak goreng (untuk menggoreng)

Setelah semua bahan terkumpul, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan dengan cara mencuci dan memotongnya sesuai keinginan. Daging ayam, sayuran, dan bawang putih perlu diiris tipis agar lebih mudah saat dimasak.

Setelah semua bahan siap, langkah berikutnya adalah memasak mie tiaw. Pertama, panaskan sedikit minyak goreng di atas wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih hingga harum dan berwarna kecoklatan. Kemudian, masukkan daging ayam dan aduk hingga matang sempurna.

Setelah daging ayam matang, tambahkan sayuran yang sudah dipotong-potong. Aduk rata hingga sayuran layu dan sedikit matang. Selanjutnya, masukkan mie tiaw ke dalam wajan dan aduk rata dengan bahan-bahan lainnya.

Agar mie tiaw memiliki rasa yang lebih nikmat, tambahkan kecap manis dan saos tiram secukupnya. Aduk rata kembali hingga semua bahan tercampur dengan baik. Tambahkan garam dan merica sesuai selera agar rasa mie tiaw semakin menggugah selera.

Terakhir, aduk mie tiaw secara terus-menerus hingga matang sempurna. Pastikan mie tiaw tidak terlalu matang atau terlalu lembek. Mie tiaw yang ideal memiliki tekstur kenyal dan tidak lengket. Jika perlu, tambahkan sedikit minyak goreng saat menggoreng mie tiaw untuk menghindari lengket.

Setelah mie tiaw matang, angkat dari wajan dan sajikan dalam piring saji. Mie tiaw dapat disajikan panas atau hangat, tergantung selera masing-masing. Anda juga dapat menambahkan bumbu pelengkap seperti irisan cabai atau bawang goreng untuk memberikan cita rasa yang lebih pedas atau gurih.

Nah, itulah cara memasak mie tiaw yang lezat dan menggugah selera. Praktis, bukan? Anda dapat mencoba resep ini di rumah sebagai alternatif menu makan siang atau makan malam yang sehat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Demikianlah artikel tentang cara memasak mie tiaw yang santai ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sobat Info Negeri yang sedang mencari inspirasi menu makanan. Jangan lupa untuk terus mengikuti artikel-artikel menarik lainnya di situs ini. Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya, Sobat Info Negeri! Terima kasih telah membaca.

By Saputra