cara memasak kwetiau kering

Hello, Sobat Info Negeri! Apa kabar hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak kwetiau kering yang lezat dan menggugah selera. Kwetiau kering adalah salah satu hidangan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang kenyal membuat hidangan ini menjadi pilihan favorit banyak orang. Yuk, simak cara memasak kwetiau kering yang simpel dan mudah berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak kwetiau kering antara lain:1. 250 gram kwetiau kering2. 100 gram daging ayam fillet, iris tipis3. 100 gram udang, kupas kulitnya4. 2 siung bawang putih, cincang halus5. 2 sendok makan kecap manis6. 1 sendok makan saus tiram7. 1 sendok teh kecap ikan8. 1 sendok teh minyak wijen9. 1/2 sendok teh gula pasir10. 1/4 sendok teh merica bubuk11. Sedikit garam12. Sedikit kaldu bubuk (opsional)13. Minyak goreng secukupnya

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah merebus kwetiau kering. Panaskan air dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan kwetiau kering ke dalam air mendidih tersebut. Rebus kwetiau selama beberapa menit hingga matang. Setelah matang, tiriskan kwetiau dan sisihkan.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang putih cincang hingga harum dan berubah warna. Tambahkan daging ayam fillet yang telah diiris tipis dan udang kupas ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga daging ayam dan udang matang sempurna.

Setelah daging ayam dan udang matang, tambahkan kecap manis, saus tiram, kecap ikan, dan minyak wijen ke dalam wajan. Berikan sedikit garam, gula pasir, dan merica bubuk. Jika kamu menyukai rasa gurih yang lebih kuat, tambahkan sedikit kaldu bubuk ke dalam wajan. Aduk semua bahan dengan menggunakan spatula hingga merata.

Setelah bumbu tercampur rata dengan daging ayam dan udang, masukkan kwetiau kering yang sudah direbus ke dalam wajan. Aduk-aduk kwetiau dengan bumbu hingga merata. Pastikan semua kwetiau terbalut dengan bumbu yang gurih dan lezat.

Setelah semua bahan tercampur rata, cicipi kwetiau kering yang kamu masak. Jika kamu merasa bumbunya kurang, kamu bisa menambahkan bumbu sesuai dengan selera. Jika dirasa sudah pas, angkat kwetiau kering dari wajan dan sajikan dalam piring saji.

Kwetiau kering siap disajikan! Hidangan ini bisa kamu santap saat sarapan, makan siang, atau makan malam. Kamu juga bisa menambahkan irisan daun bawang atau seledri sebagai pelengkap kwetiau agar tampilan hidangan lebih menarik dan segar.

Nah, itulah cara memasak kwetiau kering yang lezat dan menggugah selera. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang sederhana, kamu dapat mencoba memasak hidangan ini di rumah. Selamat mencoba, Sobat Info Negeri! Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menginspirasi kamu untuk mencoba resep yang satu ini. Selamat memasak dan selamat menikmati hidangan lezat kamu!