cara memasak kepiting asam manis

Hello, Sobat Info Negeri! Sudah lama sekali nih kita tidak berjumpa. Pada kesempatan kali ini, kita akan berbicara tentang cara memasak kepiting asam manis yang lezat. Bagi pecinta seafood, kepiting asam manis adalah hidangan yang sangat menggugah selera. Dengan perpaduan rasa asam dan manis yang khas, hidangan ini pasti akan membuat lidah Sobat bergoyang. Nah, sebelum kita mulai masak-memasak, yuk kita bahas dulu beberapa bahan dan langkah-langkah yang diperlukan.

Pertama-tama, tentu saja kita memerlukan kepiting segar. Pastikan Sobat mendapatkan kepiting yang segar dan masih hidup untuk mendapatkan rasa yang terbaik. Selain itu, kita juga membutuhkan bahan-bahan seperti saus tomat, cuka, gula, daun bawang, bawang putih, jahe, cabai, dan sedikit air.

Langkah pertama dalam memasak kepiting asam manis adalah membersihkan kepiting. Bersihkan bagian luar dari lumpur dan cangkang yang ada pada kepiting dengan air bersih. Setelah itu, belah kepiting menjadi dua bagian menggunakan pisau atau gunting.

Kemudian, haluskan bawang putih, jahe, dan cabai menggunakan blender atau ulekan. Jangan lupa, Sobat, untuk membuang biji cabai jika Sobat tidak ingin hidangan ini terlalu pedas.

Selanjutnya, panaskan sedikit minyak dalam wajan. Tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi hingga harum dan matang. Setelah itu, masukkan potongan kepiting ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu.

Tambahkan saus tomat, cuka, gula, dan sedikit air ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan bumbu meresap ke dalam daging kepiting. Tutup wajan dan masak selama kurang lebih 15-20 menit hingga kepiting matang sempurna.

Sementara kepiting sedang dimasak, Sobat bisa menyiapkan daun bawang yang sudah dipotong kecil-kecil untuk memberikan aroma dan citarasa yang segar pada hidangan ini.

Setelah kepiting matang, taburkan daun bawang yang telah dipotong tadi ke atas hidangan. Aduk rata dan masak sebentar hingga bumbu dan daun bawang tercampur sempurna.

Tak lupa, hidangan kepiting asam manis ini juga nikmat disajikan dengan nasi putih hangat sebagai pendamping. Sobat juga bisa menambahkan sedikit irisan cabai rawit merah untuk memberikan sensasi pedas ekstra jika Sobat menyukainya.

Voila! Hidangan kepiting asam manis yang lezat siap disantap. Dengan rasa asam yang menyegarkan dan gurihnya kepiting, hidangan ini pasti akan membuat perut Sobat kenyang dan hati senang.

Bagaimana, Sobat? Tertarik untuk mencoba memasak kepiting asam manis sendiri di rumah? Selain bisa menikmati hidangan lezat, Sobat juga bisa berhemat dengan memasak di rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba resep ini di dapur Sobat dan nikmati hidangan spesial ala restoran di rumah. Selamat mencoba!