• Thu. Jul 18th, 2024

cara memasak jengkol balado agar tidak bau

BySaputra

Nov 27, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia ya. Kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak jengkol balado agar tidak bau. Sebagai pecinta kuliner, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan jengkol, bukan? Jengkol adalah salah satu jenis makanan yang memiliki aroma yang khas dan unik. Namun, aroma tersebut seringkali menjadi kendala bagi beberapa orang yang ingin mencoba masakan jengkol. Tenang saja, dalam artikel ini kita akan berbagi beberapa tips yang bisa kamu coba agar jengkol balado yang kamu masak tidak berbau. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Sebelum kita memasak jengkol, ada baiknya kita menyediakan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jengkol balado yang enak dan tidak berbau antara lain:

1. 300 gram jengkol, kupas dan cuci bersih2. 5 siung bawang merah, iris tipis3. 3 siung bawang putih, iris tipis4. 5 buah cabai merah besar, iris serong5. 3 buah cabai rawit merah, iris serong6. 3 buah cabai hijau besar, iris serong7. 2 lembar daun jeruk, iris tipis8. 1 batang serai, geprek9. 2 cm lengkuas, geprek10. Garam secukupnya11. Gula secukupnya12. Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merebus jengkol. Rebus jengkol dalam air mendidih selama kurang lebih 30 menit. Tujuan merebus jengkol adalah untuk menghilangkan getah yang terdapat pada jengkol sehingga aroma tidak terlalu kuat. Setelah direbus, tiriskan jengkol dan potong-potong sesuai dengan selera kamu.

Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan dan tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cabai merah besar, cabai rawit merah, serta cabai hijau besar. Tumis hingga cabai layu dan harum. Tambahkan daun jeruk, serai dan lengkuas. Aduk rata.

Selanjutnya, masukkan jengkol yang telah dipotong-potong ke dalam wajan. Aduk rata dan masak selama beberapa menit. Tambahkan garam dan gula secukupnya untuk memberikan rasa yang pas. Terus aduk hingga semua bumbu meresap ke dalam jengkol.

Setelah semua bahan matang dan tercampur dengan baik, jengkol balado siap disajikan. Kamu bisa menikmatinya dengan nasi hangat dan pelengkap lain seperti telur dadar atau tempe goreng. Jengkol balado yang enak dan tidak berbau siap untuk kamu santap!

Namun, jika kamu masih merasa aroma jengkol terlalu kuat, ada beberapa tips tambahan yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah dengan merendam jengkol yang sudah dipotong-potong dalam air garam selama kurang lebih 30 menit sebelum direbus. Cara ini dapat membantu mengurangi bau pada jengkol. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan daun salam saat proses memasak jengkol balado. Daun salam memiliki aroma yang khas dan dapat membantu mengurangi bau pada jengkol.

Tidak hanya itu, jika kamu belum mendapat hasil yang diinginkan, kamu bisa mencoba merendam jengkol yang telah direbus dalam air kelapa muda selama beberapa jam sebelum menggoreng. Air kelapa muda dapat membantu mengurangi bau pada jengkol dan memberikan rasa yang lebih segar.

Well, Sobat Info Negeri, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk memasak jengkol balado agar tidak berbau. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam menciptakan hidangan jengkol yang nikmat dan menggugah selera. Jangan lupa untuk selalu mencuci jengkol dengan bersih sebelum dimasak dan menyesuaikan bumbu sesuai dengan selera kamu. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezatmu!

By Saputra