• Thu. Jul 18th, 2024

cara memasak ikan nila asam manis

BySaputra

Jan 11, 2024

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memasak ikan nila asam manis yang lezat dan menggugah selera. Siapa yang tidak suka dengan hidangan yang satu ini, bukan? Ikan nila yang segar dengan cita rasa asam dan manis yang khas akan membuat makan siang atau makan malammu semakin istimewa. Yuk, simak cara memasaknya berikut ini!

Sebelum memasak ikan nila asam manis, tentu kita perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan:

1. Ikan nila segar, sebanyak 500 gram2. 1 buah jeruk nipis, peras airnya3. 4 siung bawang putih, cincang halus4. 1 buah bawang bombay, iris tipis5. 2 buah tomat, potong-potong6. 2 buah cabai merah, iris serong7. 2 buah cabai hijau, iris serong8. 3 sendok makan saus tomat9. 2 sendok makan kecap manis10. 1 sendok teh gula pasir11. 1 batang daun bawang, iris tipis12. Minyak goreng secukupnya untuk menumis13. Garam secukupnya untuk mengoreksi rasa14. Air secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan ikan nila. Cuci ikan hingga bersih dan lumuri dengan air jeruk nipis agar bau amisnya hilang. Setelah itu, bilas kembali ikan dengan air bersih.

Selanjutnya, siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan layu. Masukkan cabai merah dan cabai hijau, lalu aduk hingga tercampur rata. Tambahkan potongan tomat dan aduk kembali hingga tomat layu.

Setelah itu, masukkan saus tomat, kecap manis, dan gula pasir. Aduk rata dan masak hingga semua bahan tercampur merata. Tambahkan air secukupnya dan aduk kembali. Biarkan bumbu mendidih dan koreksi rasa dengan menambahkan garam jika diperlukan.

Setelah bumbu sudah matang, masukkan ikan nila ke dalam wajan. Pastikan ikan terendam oleh bumbu asam manis. Tutup wajan dan biarkan ikan matang dengan api kecil selama sekitar 15-20 menit. Pada saat menunggu ikan matang, jangan lupa untuk sesekali membalikkan ikan agar bumbu meresap merata.

Setelah ikan matang, angkat ikan nila asam manis dari wajan dan sajikan dengan taburan daun bawang iris. Hidangan ini cocok disantap dengan nasi putih hangat dan sayur-sayuran segar.

Selamat menikmati ikan nila asam manis yang lezat dan menggugah selera! Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi Sobat Info Negeri yang ingin mencoba memasak hidangan yang enak dan sehat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sekian artikel kali ini mengenai cara memasak ikan nila asam manis. Jangan lupa untuk terus mengikuti update terbaru dari kami di Sobat Info Negeri. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya dan selamat mencoba resep ini di rumah! Terima kasih telah membaca.

By Saputra