• Sun. Jul 14th, 2024

cara masak tempe bacem

BySaputra

Jul 30, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga semuanya dalam keadaan baik dan sehat ya. Kali ini, saya ingin berbagi dengan kalian sebuah resep yang pastinya bikin lidah kita bergoyang. Yup, kita akan membahas tentang cara masak tempe bacem, makanan tradisional yang lezat dan gurih. Siapkan bahan-bahannya dan mari kita mulai memasak!

Tempe bacem adalah olahan tempe yang dimasak dengan cara direndam dalam bumbu khas Indonesia, lalu digoreng hingga harum dan matang sempurna. Rasanya yang manis dengan sentuhan garam membuat hidangan ini selalu berhasil mencuri perhatian setiap orang yang mencobanya. Selain itu, tempe bacem juga dikenal sebagai hidangan yang cukup mudah dibuat di rumah.

Bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat tempe bacem ini tidak sulit untuk didapatkan. Pertama, tentu saja, kita membutuhkan tempe. Pilih tempe yang masih segar dan tidak terlalu tua. Selain itu, kita juga perlu menyiapkan bahan-bahan untuk bumbu rendaman, seperti kecap manis, gula merah, daun salam, jahe, bawang putih, dan bawang merah. Jangan lupa juga menyiapkan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng tempe nantinya.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat bumbu rendaman. Hal ini bertujuan agar tempe memiliki rasa yang meresap hingga ke dalamnya. Pertama-tama, kita bisa menyiapkan bumbu yang terdiri dari kecap manis, gula merah, dan garam. Aduk rata bumbu-bumbu tersebut. Selanjutnya, iris tipis jahe, bawang putih, dan bawang merah. Tumis bumbu-bumbu tersebut dalam minyak hingga harum.

Setelah itu, masukkan tempe yang sudah dipotong-potong ke dalam tumisan bumbu yang sudah matang tadi. Aduk rata agar bumbu meresap ke dalam tempe secara merata. Setelah itu, masukkan daun salam untuk memberikan aroma khas pada tempe bacem. Tambahkan air secukupnya, lalu masak hingga bumbu meresap dan tempe matang sempurna. Jangan lupa untuk mencicipi rasanya dan sesuaikan dengan selera kita masing-masing.

Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan. Setelah minyak cukup panas, goreng tempe yang sudah direndam bumbu hingga kecokelatan. Pastikan tempe benar-benar matang dan kering sebelum kita angkat dari minyak. Jangan lupa juga untuk meniriskan sisa minyak dengan menggunakan tisu dapur agar tempe bacem tidak terlalu berminyak.

Voila! Tempe bacem siap disajikan. Hidangan ini cocok dinikmati dengan nasi putih hangat dan sambal terasi sebagai pelengkap. Dengan rasa manis yang khas, tempe bacem ini bisa menjadi hidangan yang menggugah selera untuk keluarga kita. Jika Sobat Info Negeri ingin menambahkan variasi pada tempe bacem ini, kalian juga bisa menambahkan bumbu-bumbu lain sesuai dengan selera kita masing-masing, seperti daun jeruk purut atau cabai rawit untuk memberikan sedikit kepedasan.

Selain rasanya yang lezat, tempe bacem juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Tempe sendiri mengandung protein nabati yang tinggi, sehingga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh kita. Selain itu, tempe juga kaya akan serat, vitamin B, dan zat besi. Jadi, dengan mengonsumsi tempe bacem ini, kita bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang baik.

Nah, itulah Sobat Info Negeri cara masak tempe bacem yang lezat dan gurih. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi panduan yang baik bagi kalian yang ingin mencoba memasak hidangan ini di rumah. Jangan lupa untuk berkreasi dan menyesuaikan resep ini dengan selera kalian masing-masing. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra