• Wed. Jul 17th, 2024

cara masak rebung santan

BySaputra

Nov 13, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar hari ini? Semoga kalian semua dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak rebung santan. Siapa yang tidak suka dengan masakan yang satu ini? Rasanya yang gurih dan segar pasti akan memanjakan lidah kita. Tidak hanya itu, rebung santan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Nah, langsung saja yuk, kita simak cara membuatnya!

Sebelum memasak rebung santan, tentu kita perlu menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa bahan yang diperlukan:

1. Rebung segar secukupnya2. Santan kental sebanyak 400 ml3. Bawang putih sebanyak 3 siung, iris tipis4. Bawang merah sebanyak 2 siung, iris tipis5. Serai sebanyak 1 batang, memarkan6. Daun salam sebanyak 2 lembar7. Daun jeruk sebanyak 2 lembar8. Cabai merah besar sebanyak 2 buah, iris serong9. Garam secukupnya10. Gula secukupnya11. Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan siap, kita bisa memulai proses memasaknya. Pertama-tama, siapkan panci dan panaskan minyak goreng. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan berubah warna kecokelatan. Jangan lupa untuk terus diaduk supaya tidak gosong, ya!

Selanjutnya, masukkan serai, daun salam, dan daun jeruk ke dalam panci. Aduk rata dan biarkan aroma wangi rempahnya tercium. Setelah itu, masukkan cabai merah besar yang telah diiris serong. Tumis semua bahan hingga cabai terlihat layu dan warnanya berubah menjadi lebih terang.

Selanjutnya, tambahkan rebung yang telah dipotong-potong ke dalam panci. Aduk rata dan masak sebentar hingga rebung agak lunak. Setelah itu, tuangkan santan kental ke dalam panci. Aduk rata kembali dan biarkan santan mendidih.

Setelah santan mendidih, berikan garam dan gula secukupnya sesuai dengan selera. Aduk rata kembali dan masak rebung santan hingga matang sempurna. Jangan lupa untuk terus mengaduk supaya santan tidak pecah atau menggumpal.

Setelah rebung matang, cicipi kuahnya untuk memastikan rasa yang pas. Jika sudah sesuai dengan selera, matikan api dan angkat panci dari kompor. Rebung santan siap untuk disajikan!

Rebung santan segar dan lezat ini bisa disajikan sebagai pelengkap nasi putih hangat. Rasanya yang gurih dan segar akan membuat makan siang atau malam hari kita menjadi lebih istimewa. Tambahkan juga lauk-pauk atau ikan goreng sebagai pendampingnya, maka hidangan ini akan semakin nikmat.

Selain rasanya yang lezat, rebung santan juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Rebung mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, santan yang digunakan dalam masakan ini juga mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh.

Nah, itulah cara masak rebung santan yang lezat dan menyehatkan. Mudah sekali, bukan? Yuk, coba masak sendiri di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini!

By Saputra