cara masak labu siam santan

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, kami ingin berbagi resep masakan yang menggugah selera, yaitu cara masak labu siam santan. Labu siam adalah salah satu jenis sayuran yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang renyah membuat labu siam sangat cocok digunakan sebagai bahan utama dalam olahan santan. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak cara masak labu siam santan yang mudah dan enak ini!

Untuk membuat masakan labu siam santan, berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

1. 500 gram labu siam, kupas dan potong dadu2. 200 ml santan kental3. 2 lembar daun salam4. 2 cm lengkuas, memarkan5. 3 batang serai, memarkan6. 2 siung bawang putih, cincang halus7. 3 siung bawang merah, cincang halus8. 2 buah cabai merah, iris tipis (sesuai selera pedas)9. Garam secukupnya10. Gula secukupnya11. Minyak untuk menumis

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, daun salam, lengkuas, dan serai hingga harum. Pastikan api dalam keadaan kecil agar bahan-bahan tidak gosong. Setelah harum, masukkan potongan labu siam dan aduk hingga rata.

Selanjutnya, tuangkan santan kental ke dalam panci dan tambahkan garam serta gula secukupnya. Aduk perlahan agar santan merata dan bumbu tercampur dengan baik. Biarkan labu siam dan santan mendidih dengan api kecil. Jangan lupa untuk sesekali mengaduk agar santan tidak pecah.

Setelah mendidih, cek keempukan labu siam dengan menusuknya menggunakan tusuk gigi atau garpu. Jika labu siam sudah empuk, berarti masakan sudah matang sempurna. Namun, jika labu siam masih terasa keras, biarkan masakan terus mendidih hingga labu siam benar-benar empuk.

Setelah labu siam empuk, matikan api dan angkat masakan dari kompor. Aroma harum dari santan dan bumbu akan tercium begitu masakan ini dihidangkan. Labu siam santan ini bisa menjadi lauk yang lezat ketika disantap dengan nasi hangat dan sambal terasi.

Tidak hanya lezat, labu siam santan juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Labu siam mengandung banyak serat yang dapat membantu proses pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Selain itu, santan juga mengandung lemak sehat yang dapat memberikan energi bagi tubuh.

Nah, itulah cara masak labu siam santan yang mudah dan enak. Dengan resep ini, Sobat Info Negeri bisa mencoba mengolah labu siam menjadi hidangan yang istimewa di meja makan. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Selamat menikmati masakan lezat ini bersama keluarga tercinta. Sampai jumpa pada artikel berikutnya, Sobat Info Negeri!