cara masak kacang panjang simple

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar hari ini? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak kacang panjang yang simple. Kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang sering dijumpai di dapur-dapur rumah tangga Indonesia. Selain rasanya yang lezat, kacang panjang juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh kita. Bagi kamu yang ingin mencoba memasak kacang panjang dengan cara yang mudah dan praktis, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak kacang panjang ini sangat sederhana dan mudah ditemui di pasar terdekat. Kamu hanya perlu menyiapkan:

1. 300 gram kacang panjang, cuci bersih dan potong-potong sesuai selera2. 2 siung bawang putih, cincang halus3. 2 sendok makan minyak sayur4. 1/2 sendok teh garam5. 1/4 sendok teh merica bubuk (opsional)

Setelah semua bahan siap, mari kita mulai memasak kacang panjang yang simple ini. Pertama, panaskan minyak sayur dalam wajan yang sudah dipanaskan sebelumnya. Setelah minyak panas, tumis bawang putih hingga harum dan berubah warna menjadi kecokelatan. Pastikan untuk tidak membakar bawang putih agar tidak menghasilkan rasa yang pahit.

Setelah bawang putih matang, tambahkan kacang panjang yang sudah dipotong-potong ke dalam wajan. Aduk-aduk kacang panjang dengan bawang putih hingga tercampur merata. Tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya untuk memberikan rasa pada kacang panjang.

Selanjutnya, tambahkan sedikit air ke dalam wajan. Jumlah air yang diperlukan sekitar setengah gelas air. Hal ini bertujuan agar kacang panjang dapat matang dengan sempurna tanpa kekurangan kelembapan. Tutup wajan dan biarkan kacang panjang matang selama kurang lebih 10-15 menit.

Setelah 10-15 menit, cek kematangan kacang panjang dengan mencicipinya. Kacang panjang yang sudah matang sebaiknya masih memiliki sedikit kekenyalan dan tidak terlalu lembek. Jika kacang panjang masih terlalu keras, tambahkan sedikit air dan masak kembali hingga kacang panjang matang dengan sempurna.

Saat kacang panjang sudah matang, angkat dari wajan dan hidangkan dalam piring saji. Kacang panjang yang simple ini cocok disajikan sebagai sayuran pendamping nasi putih hangat dan lauk-pauk kesukaanmu. Kamu juga bisa menambahkan saus sambal atau kecap manis sebagai pelengkap untuk menambah cita rasa pada hidangan ini.

Mudah sekali, bukan? Dalam waktu yang singkat, kamu sudah bisa menikmati hidangan kacang panjang yang lezat dan bergizi. Selain itu, cara memasak yang simple ini juga mempertahankan kelezatan dan nutrisi alami dari kacang panjang itu sendiri.

Tentu saja, variasi dalam memasak kacang panjang ini tidak hanya terbatas pada resep di atas. Kamu bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti irisan wortel, potongan daging ayam, atau udang untuk menambah keanekaragaman rasa dan tekstur pada hidangan ini. Kreativitas kamu dalam memasak sangat diperbolehkan!

Itulah tadi cara masak kacang panjang yang simple. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Sobat Info Negeri. Jangan lupa untuk terus mencoba berbagai resep baru dan menggali lebih dalam tentang dunia masak-memasak. Selamat mencoba!