• Sun. Jul 14th, 2024

cara masak ikan mas bumbu kuning

BySaputra

Dec 18, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Pada artikel kali ini, kita akan berbicara tentang cara masak ikan mas bumbu kuning yang lezat dan cocok untuk makanan sehari-hari. Ikan mas adalah salah satu jenis ikan air tawar yang sering dijadikan hidangan utama di berbagai daerah di Indonesia. Dan kali ini, kita akan mencoba memasak ikan mas dengan bumbu kuning yang sangat menggoda selera. Mari kita simak cara masaknya!

Sebelum mulai memasak, tentu kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Untuk membuat ikan mas bumbu kuning, kita akan membutuhkan ikan mas segar, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, cabai merah, cabai rawit, daun jeruk, daun salam, serai, serta garam dan gula secukupnya. Pastikan kamu mendapatkan ikan mas yang segar agar hasil masakanmu lebih enak.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membersihkan ikan mas. Bersihkan ikan mas dengan air bersih dan peras sedikit agar airnya keluar. Selanjutnya, lumuri ikan mas dengan garam dan peras lagi dengan menggunakan air jeruk nipis. Diamkan beberapa saat supaya bau amis pada ikan hilang.

Sambil menunggu ikan meresap, kita bisa menyiapkan bumbu kuning yang akan digunakan. Haluskan bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, cabai merah, dan cabai rawit. Jika kamu suka makanan pedas, kamu bisa menambahkan lebih banyak cabai rawit. Tapi jika tidak, cukup gunakan sedikit saja. Setelah semua bahan halus, panaskan minyak goreng di wajan dan tumis bumbu halus hingga harum.

Setelah bumbu kuning harum, tambahkan daun jeruk, daun salam, dan serai ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata supaya aromanya meresap ke dalam bumbu. Kemudian, masukkan ikan mas yang sudah dibersihkan ke dalam wajan. Pastikan ikan terendam dalam bumbu kuning dan masak dengan api kecil. Tutup wajan dan biarkan ikan matang selama sekitar 15-20 menit.

Selama menunggu ikan mas matang, kita bisa mempersiapkan pelengkapnya. Kamu bisa menyiapkan nasi putih hangat, lalapan seperti mentimun dan tomat, serta sambal terasi yang pedas. Semua itu akan menambah kenikmatan saat menyantap ikan mas bumbu kuning.

Setelah 15-20 menit, cek kelembutan ikan mas dengan menusuknya menggunakan garpu. Jika ikan sudah lembut, artinya ikan mas bumbu kuning siap disajikan. Angkat ikan mas dari wajan dan letakkan di piring saji. Jangan lupa untuk menuangkan bumbu kuning di atas ikan agar rasanya semakin terasa.

Sekarang, ikan mas bumbu kuning siap disantap! Hidangkan ikan mas bersama dengan nasi putih hangat, lalapan, dan sambal terasi yang pedas. Rasakan kelezatan ikan mas yang gurih dengan bumbu kuning yang kaya akan aroma rempah. Pasti akan membuat lidah Sobat Info Negeri bergoyang kegirangan!

Itulah cara masak ikan mas bumbu kuning yang bisa Sobat Info Negeri coba di rumah. Hidangan ini tidak hanya lezat, tetapi juga sehat karena ikan mas mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh kita. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ini dan nikmati hidangan lezat dari ikan mas bumbu kuning! Selamat mencoba dan selamat menikmati!

By Saputra