• Thu. Jul 18th, 2024

cara masak ikan gabus

BySaputra

Nov 24, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak ikan gabus. Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan yang banyak ditemukan di perairan Indonesia. Ikan ini memiliki rasa yang lezat dan dagingnya yang kenyal. Nah, jika kalian penasaran bagaimana cara memasak ikan gabus yang enak, yuk simak artikel ini sampai selesai!

Sebelum kita memasak ikan gabus, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu. Yang pertama adalah bahan-bahan yang diperlukan. Untuk memasak ikan gabus, kita membutuhkan ikan gabus segar, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, jahe, serai, daun salam, air jeruk nipis, garam, dan minyak goreng. Pastikan semua bahan-bahan ini sudah siap sebelum memasak ya, Sobat Info Negeri.

Setelah semua bahan terpenuhi, langkah selanjutnya adalah membersihkan ikan gabus. Cuci ikan dengan air mengalir hingga benar-benar bersih. Kemudian, lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan selama beberapa menit agar ikan tidak berbau. Setelah itu, bilaslah ikan dengan air bersih kembali.

Selanjutnya, siapkan bumbu-bumbu yang akan digunakan. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai hijau. Tumis bumbu-bumbu yang telah dihaluskan dengan sedikit minyak hingga harum. Masukkan serai, daun salam, dan jahe yang sudah dimemarkan, tumis hingga tercium aroma yang sedap.

Setelah bumbu-bumbu ditumis, tambahkan ikan gabus yang sudah dibersihkan sebelumnya. Aduk rata ikan dengan bumbu hingga bumbu meresap ke dalam ikan. Tuangkan air secukupnya, lalu masak ikan hingga empuk. Jumlah air yang ditambahkan disesuaikan dengan selera, jika ingin kuah yang banyak, bisa menambahkan air lebih banyak.

Setelah ikan empuk, tambahkan garam secukupnya untuk memberikan cita rasa yang sedap. Tes rasa sesuai dengan selera masing-masing. Jika sudah pas, angkat ikan dan sajikan dalam piring saji.

Ikan gabus yang sudah matang bisa disajikan dengan nasi hangat dan sayuran sebagai pelengkap. Jangan lupa juga sajikan sambal atau kecap manis sebagai tambahan untuk meningkatkan cita rasa. Ikan gabus yang empuk dan bumbunya yang meresap tentu akan membuat hidangan ini semakin lezat dan menggugah selera.

Itulah tadi cara masak ikan gabus yang enak dan lezat. Selain cara di atas, kamu juga bisa mencoba variasi resep lainnya, misalnya dengan membuat ikan gabus goreng tepung atau ikan gabus bakar. Semua tergantung selera dan kreasi masing-masing ya, Sobat Info Negeri.

Sebagai penutup, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari cara memasak ikan gabus. Jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah, dan nikmati hidangan ikan gabus yang lezat bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Info Negeri. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

By Saputra