cara masak ikan asap santan

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak ikan asap santan yang lezat dan nikmat. Siapa sih yang tidak suka ikan asap? Hidangan yang satu ini memang selalu menggugah selera, apalagi jika disajikan dengan santan yang kental dan aroma rempah yang menggoda. Yuk, langsung saja kita simak cara membuatnya!

Pertama-tama, kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Untuk membuat ikan asap santan, kita membutuhkan ikan asap segar sebanyak 500 gram, santan kental sebanyak 200 ml, bawang merah sebanyak 5 siung yang telah diiris halus, bawang putih sebanyak 3 siung yang telah dihaluskan, cabai merah besar sebanyak 2 buah yang telah diiris serong, cabai hijau besar sebanyak 2 buah yang telah diiris serong, daun jeruk sebanyak 2 lembar, serai sebanyak 1 batang yang telah diiris tipis, serta garam dan gula secukupnya.

Setelah semua bahan telah siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan bumbu untuk marinasi ikan asap. Campurkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, serta sedikit garam dan gula dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga bumbu tercampur merata. Kemudian, lumuri ikan asap dengan bumbu tersebut dan diamkan selama kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap ke dalam daging ikan.

Sambil menunggu bumbu meresap, kita bisa memanaskan wajan dengan api sedang. Tambahkan sedikit minyak dan tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai hijau, serai, dan daun jeruk hingga harum. Setelah itu, tuangkan santan kental dan masak hingga mendidih sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.

Setelah santan mendidih, masukkan ikan asap yang telah dimarinasi tadi ke dalam wajan. Masak ikan asap dengan api kecil selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga santan meresap ke dalam daging ikan dan bumbu meresap dengan sempurna. Jangan lupa untuk sesekali membalik ikan asap agar matang merata dan tidak gosong di bagian bawah.

Setelah matang, hidangan ikan asap santan siap disajikan. Ambil piring saji, letakkan ikan asap beserta bumbunya di atasnya. Taburi dengan sedikit daun bawang iris dan irisan cabai sebagai hiasan. Ikan asap santan siap disantap selagi hangat bersama dengan nasi putih hangat dan sambal terasi sebagai pelengkapnya.

Mmm, bisa dibayangkan betapa nikmatnya hidangan ini. Ikan asap yang lezat dipadu dengan aroma santan kental dan rempah-rempah yang menggugah selera, siapa yang bisa menolak? Jadi, jangan lupa untuk mencoba resep ikan asap santan ini di rumah ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Demikianlah artikel mengenai cara masak ikan asap santan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Info Negeri dalam mencari referensi masakan yang lezat dan menggugah selera. Jangan lupa untuk terus mengunjungi website kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Terima kasih sudah membaca, dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya!