• Sun. Jul 14th, 2024

cara masak bistik daging sapi

BySaputra

Nov 13, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga hari-harimu menyenangkan dan penuh keceriaan. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang salah satu hidangan yang sangat populer, yaitu “cara masak bistik daging sapi”. Siapa sih yang tidak suka dengan daging sapi yang lezat dan empuk ini? Yuk, simak artikel berikut untuk mengetahui cara mudah memasak bistik daging sapi yang lezat dan menggugah selera!

Bistik daging sapi adalah hidangan yang terdiri dari irisan tipis daging sapi yang dimarinasi dengan bumbu khusus, kemudian digoreng atau dipanggang hingga matang. Rasanya yang gurih, lezat, dan empuk membuat bistik daging sapi menjadi pilihan yang sempurna untuk hidangan sehari-hari atau bahkan pada acara spesial. Jika kamu ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut adalah beberapa langkah mudah untuk memasak bistik daging sapi yang lezat!

Langkah pertama dalam memasak bistik daging sapi adalah memilih potongan daging yang tepat. Pilihlah potongan daging sapi yang segar dan memiliki serat yang halus, seperti tenderloin atau sirloin. Potongan yang tidak terlalu tebal akan memudahkan proses memasak dan memastikan daging matang secara merata.

Setelah mendapatkan potongan daging yang tepat, langkah selanjutnya adalah memarinasi daging. Untuk bumbu marinasi, kamu bisa menggunakan campuran kecap manis, saus Worcestershire, bawang putih cincang, merica bubuk, garam, dan sedikit gula. Campurkan semua bumbu tersebut dalam wadah yang cukup besar, kemudian tambahkan potongan daging sapi ke dalamnya. Pastikan semua permukaan daging terendam dalam bumbu marinasi. Diamkan daging selama minimal 30 menit atau bisa juga semalaman agar bumbu meresap dengan baik.

Setelah daging selesai dimarinasi, langkah selanjutnya adalah menggoreng atau memanggang daging. Jika kamu ingin menggoreng, panaskan sedikit minyak dalam wajan anti lengket. Angkat potongan daging dari bumbu marinasi dan masukkan ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Goreng daging selama beberapa menit hingga matang sesuai selera. Jika kamu lebih suka membakar daging, panaskan panggangan dan bakar daging selama beberapa menit di setiap sisi hingga matang.

Setelah daging matang, angkat dari wajan atau panggangan dan sisihkan. Selanjutnya, dalam wajan yang sama, tumis bawang bombay hingga harum dan berwarna kecokelatan. Kamu juga dapat menambahkan irisan jamur untuk memberikan cita rasa yang lebih kaya. Setelah bawang bombay cukup matang, tambahkan sedikit air, saus Worcestershire, gula, dan garam. Aduk rata dan biarkan saus mendidih.

Setelah saus mendidih, kembali masukkan potongan daging yang sudah matang ke dalam wajan. Aduk rata daging dengan saus dan biarkan semuanya tercampur dengan baik. Pastikan semua permukaan daging terbalut saus dengan merata. Masak daging bersama saus selama beberapa menit hingga saus sedikit mengental dan meresap ke dalam daging.

Setelah proses memasak selesai, bistik daging sapi siap dihidangkan! Kamu dapat menyajikannya dengan nasi putih, kentang goreng, atau sayuran rebus sebagai pelengkap. Jangan lupa untuk menaburkan sedikit daun bawang cincang atau sejumput merica bubuk untuk memberikan aroma dan rasa yang khas.

Itulah dia, Sobat Info Negeri, cara mudah memasak bistik daging sapi yang lezat dan menggugah selera. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa menikmati hidangan yang spesial tanpa perlu keluar rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba resep ini di dapurmu dan nikmati kelezatannya bersama keluarga tercinta. Selamat memasak!

By Saputra