• Wed. Jul 17th, 2024

cara masak bihun goreng

BySaputra

Jul 15, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Sudah makan belum? Jika belum, saya punya rekomendasi menu yang bisa kalian coba di rumah, yaitu cara masak bihun goreng yang lezat dan mudah. Bihun goreng adalah salah satu hidangan favorit di Indonesia yang mudah disesuaikan dengan selera masing-masing. Dalam artikel ini, saya akan membagikan resep cara masak bihun goreng yang bisa kalian ikuti dengan santai di dapur. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bihun goreng adalah sebagai berikut:1. 200 gram bihun2. 2 sendok makan minyak sayur3. 2 siung bawang putih, cincang halus4. 2 siung bawang merah, cincang halus5. 2 buah cabai merah besar, iris serong6. 1 batang daun bawang, iris halus7. 2 butir telur, kocok lepas8. 2 sendok makan kecap manis9. 1 sendok teh garam10. 1/2 sendok teh merica bubuk11. 200 gram daging ayam atau udang, potong kecil-kecil (opsional)12. Sayuran (wortel, kubis, tauge) sesuai selera, potong dadu atau iris tipis

Setelah semua bahan tersedia, berikut langkah-langkah cara memasak bihun goreng yang enak dan lezat:1. Pertama-tama, rebus bihun dalam air mendidih selama 2-3 menit atau hingga bihun terlihat lembut. Angkat bihun dan tiriskan.2. Panaskan minyak sayur dalam wajan besar atau penggorengan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan berwarna kekuningan.3. Jika menggunakan daging ayam atau udang, tambahkan potongan daging ayam atau udang ke dalam wajan. Masak hingga daging ayam atau udang berubah warna menjadi kecokelatan.4. Tambahkan sayuran yang telah dipotong ke dalam wajan, seperti wortel, kubis, dan tauge. Aduk rata dan masak hingga sayuran layu.5. Masukkan cabai merah yang telah diiris dan daun bawang ke dalam wajan. Aduk rata dan masak selama beberapa menit.6. Dorong bahan-bahan tumis ke sisi wajan dan tuang telur kocok ke tengah wajan. Aduk-aduk telur hingga setengah matang, lalu campurkan dengan bahan tumis.7. Tambahkan bihun yang telah direbus ke dalam wajan. Aduk rata dengan bahan-bahan lainnya.8. Tuangkan kecap manis, garam, dan merica bubuk ke dalam wajan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur merata dan bihun terlihat berwarna kecokelatan.9. Tes rasa bihun goreng yang telah kamu masak. Jika dirasa sudah pas, angkat bihun goreng dari wajan dan sajikan di atas piring saji.

Selamat, Sobat Info Negeri! Kamu telah berhasil membuat bihun goreng yang lezat dan siap disantap. Bihun goreng ini cocok disajikan sebagai menu sarapan, makan siang, atau makan malam. Kamu juga bisa menambahkan bahan tambahan lainnya, seperti bakso, sosis, atau udang, sesuai dengan selera masing-masing.

Selain lezat, bihun goreng ini juga sangat mudah untuk disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika kamu menyukai makanan pedas, tambahkan lebih banyak cabai merah yang diiris ke dalam tumisan. Jika kamu lebih menyukai rasa gurih, tambahkan sedikit saus tiram atau kecap ikan ke dalam adonan bihun goreng.

Bihun goreng juga bisa menjadi pilihan alternatif bagi yang ingin mengurangi konsumsi nasi. Dengan bihun sebagai pengganti nasi, kamu tetap bisa menikmati hidangan yang kenyang dan enak.

Itulah tadi resep dan cara masak bihun goreng yang mudah dan lezat. Semoga artikel ini dapat membantu Sobat Info Negeri dalam menciptakan hidangan yang lezat di dapur. Selamat mencoba dan selamat menikmati bihun goreng yang enak!

By Saputra