• Sun. Jul 14th, 2024

cara masak balado telur

BySaputra

Dec 9, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Bagaimana kabar kalian hari ini? Kali ini kita akan membahas tentang cara masak balado telur. Siapa sih yang tidak suka dengan masakan yang pedas dan gurih ini? Balado telur adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang sangatlah lezat dan cocok untuk dinikmati sebagai lauk pauk di meja makan. Yuk, simak cara membuat balado telur yang mudah dan praktis berikut ini!

Sebelum kita mulai memasak, pastikan kita sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Untuk membuat balado telur, kita akan membutuhkan bahan utama berupa telur, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, tomat, dan beberapa bahan tambahan lainnya seperti garam, gula, dan minyak goreng. Jika semua bahan sudah tersedia, kita bisa langsung memulai proses memasaknya.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merebus telur hingga matang. Rebus telur selama kurang lebih 10-12 menit atau sampai telur benar-benar matang. Setelah matang, tiriskan telur dan biarkan dingin sejenak. Jangan lupa, kita juga bisa membuat telur dadar jika lebih suka.

Selanjutnya, kita akan membuat bumbu balado yang khas. Tumis bawang merah dan bawang putih yang telah diiris halus dengan sedikit minyak goreng hingga harum dan matang. Setelah itu, masukkan cabai merah dan cabai rawit yang telah dihaluskan ke dalam tumisan bawang. Aduk merata dan biarkan bumbu matang sejenak.

Kemudian, tambahkan potongan tomat ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan masak hingga tomat menjadi lembut. Jika kita menyukai rasa pedas yang lebih, kita bisa menambahkan beberapa cabai rawit utuh ke dalam tumisan bumbu. Namun, jika tidak terlalu menyukai pedas, kita bisa mengurangi jumlah cabai rawit yang digunakan.

Setelah bumbu matang, kita bisa menambahkan garam dan gula secukupnya sesuai dengan selera. Aduk rata dan cicipi rasa bumbu. Jika belum sesuai dengan selera, kita bisa menambahkan garam dan gula sesuai kebutuhan. Pastikan rasa bumbu balado ini pas, karena inilah yang akan memberikan cita rasa khas pada masakan kita.

Setelah bumbu balado siap, kita bisa melanjutkan dengan memasukkan telur yang telah direbus tadi ke dalam tumisan bumbu. Aduk perlahan agar bumbu meresap ke dalam telur. Pastikan setiap bagian telur terbalut oleh bumbu yang lezat ini.

Setelah semua bahan tercampur rata, masak balado telur selama beberapa menit dengan api kecil. Setelah itu, matikan api dan hidangkan balado telur di atas piring saji. Tambahkan sedikit hiasan daun bawang atau seledri di atasnya untuk memberikan sentuhan segar pada tampilan hidangan kita.

Voila! Balado telur yang lezat dan pedas siap untuk dinikmati. Kita bisa menyajikannya dengan nasi hangat dan lauk lainnya, seperti ayam goreng atau ikan bakar. Rasakan sensasi pedas dan gurihnya bumbu balado yang terasa di lidah. Rasanya yang khas dan menggugah selera pasti akan membuat kita ketagihan untuk mencobanya lagi.

Nah, itulah cara masak balado telur yang praktis dan mudah untuk kita coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita bisa membuat hidangan yang lezat untuk keluarga tercinta. Jangan lupa untuk menyesuaikan jumlah cabai sesuai dengan selera pedas kita. Selamat mencoba dan selamat menikmati balado telur yang lezat ini, Sobat Info Negeri!

By Saputra