cara masak ayam rica rica pedas manis

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga kalian dalam keadaan sehat dan bahagia. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak ayam rica rica pedas manis. Siapa sih yang tidak suka dengan makanan yang pedas dan memiliki rasa manis yang lezat? Ayam rica rica adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang memiliki rasa yang unik dan menggugah selera. Yuk, simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara membuatnya!

Ayam rica rica merupakan salah satu hidangan yang berasal dari Sulawesi Utara. Hidangan ini terkenal dengan cita rasa pedas yang khas dan juga kelezatan rasa manis yang menyertainya. Untuk membuat ayam rica rica, kita perlu menyiapkan beberapa bahan yang mudah didapatkan di pasar atau supermarket terdekat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam rica rica antara lain adalah:1. 1 ekor ayam, potong menjadi bagian yang lebih kecil2. 5 buah cabai merah besar, iris tipis3. 5 buah cabai rawit, iris tipis (sesuai selera)4. 5 siung bawang merah, iris tipis5. 3 siung bawang putih, iris tipis6. 2 batang serai, memarkan7. 3 lembar daun jeruk, sobek-sobek8. 2 lembar daun salam9. 2 cm lengkuas, memarkan10. 1 sendok makan gula merah, serut halus11. 1 sendok makan gula pasir12. 1 sendok teh garam13. 1 sendok teh kaldu ayam bubuk14. 200 ml air

Setelah semua bahan tersedia, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan ayam yang sudah dipotong menjadi bagian-bagian kecil. Bersihkan ayam dengan air mengalir dan lumuri dengan perasan jeruk nipis agar lebih segar. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap.

Selanjutnya, panaskan wajan dengan sedikit minyak dan tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, serai, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam hingga harum. Tambahkan ayam yang sudah disiapkan tadi dan aduk rata. Masak ayam hingga berubah warna menjadi putih.

Setelah itu, tambahkan air, gula merah serut, gula pasir, garam, dan kaldu ayam bubuk. Aduk merata dan biarkan sampai ayam empuk dan bumbu meresap, sekitar 30-40 menit dengan api kecil. Jika air sudah menyusut, aduk sesekali agar bumbu tidak gosong.

Setelah ayam empuk dan bumbu meresap, angkat dari wajan dan hidangkan dengan nasi panas. Ayam rica rica siap dinikmati!

Itulah cara membuat ayam rica rica pedas manis yang lezat. Hidangan ini cocok disantap bersama keluarga tercinta atau sahabat dalam suasana santai. Pedasnya cabai merah dan cabai rawit akan memberikan sensasi yang menggugah selera, sedangkan rasa manis dari gula merah dan gula pasir akan membaur sempurna dengan cita rasa pedasnya. Jangan lupa untuk menyesuaikan jumlah cabai rawit sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.

Selain dihidangkan dengan nasi, ayam rica rica juga bisa disajikan dengan lontong atau ketupat untuk variasi menu. Selamat mencoba dan semoga hidangan ini menjadi favorit di rumahmu!

Demikianlah artikel tentang cara masak ayam rica rica pedas manis. Semoga informasi yang telah disampaikan dapat membantu Sobat Info Negeri dalam memasak hidangan yang lezat dan menggugah selera. Selamat mencoba dan selamat menikmati sajian ayam rica rica yang pedas manis!