cara masak ayam lada hitam yang enak

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Semoga kalian semua dalam keadaan baik dan sehat selalu. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi resep yang lezat dan simpel untuk masakan ayam lada hitam. Ayam lada hitam merupakan salah satu hidangan khas Asia yang sangat populer dan memiliki cita rasa yang khas. Jadi, jika kalian ingin mencoba masakan yang enak dan menggugah selera, simak terus artikel ini ya!

Ayam lada hitam merupakan hidangan yang terkenal di berbagai negara Asia seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Hidangan ini terkenal karena bumbu lada hitam yang memberikan cita rasa pedas dan gurih pada ayam. Meskipun terlihat mewah, sebenarnya cara membuat ayam lada hitam tidaklah sulit.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ayam lada hitam ini cukup sederhana dan mudah ditemukan di pasar atau toko bahan makanan terdekat. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

1. 500 gram ayam fillet, potong dadu2. 1 buah bawang bombay, iris tipis3. 2 siung bawang putih, cincang halus4. 1 buah paprika merah, potong dadu5. 1 buah paprika hijau, potong dadu6. 2 sendok makan kecap manis7. 1 sendok makan saus tiram8. 1 sendok makan saus cabai9. 1 sendok teh lada hitam10. Garam secukupnya11. Minyak sayur untuk menumis

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa langsung memulai proses memasaknya. Pertama-tama, panaskan sedikit minyak sayur dalam wajan yang sudah dipanaskan di atas api sedang. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan berubah warna menjadi kecokelatan.

Kemudian, tambahkan ayam fillet yang sudah dipotong dadu ke dalam wajan. Aduk-aduk hingga ayam berubah warna menjadi kecokelatan dan matang sempurna. Selanjutnya, masukkan potongan paprika merah dan paprika hijau ke dalam wajan. Tumis hingga sayuran terlihat agak layu, tapi tetap renyah.

Setelah itu, tambahkan kecap manis, saus tiram, dan saus cabai ke dalam wajan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna. Tambahkan lada hitam dan garam secukupnya sesuai dengan selera. Aduk kembali hingga semua bumbu meresap ke dalam ayam dan sayuran.

Setelah semua bahan tercampur rata, masak ayam lada hitam selama beberapa menit hingga bumbu benar-benar meresap ke dalam daging ayam. Pastikan ayam matang sempurna dan sayuran tetap renyah. Jika terlalu kering, tambahkan sedikit air secukupnya agar bumbu tidak terlalu kental.

Setelah matang, angkat ayam lada hitam dari wajan dan sajikan dalam piring saji. Hidangan ini bisa disajikan dengan nasi putih hangat atau nasi goreng sebagai pendamping. Jangan lupa untuk memberikan hiasan seperti irisan bawang bombay atau daun bawang agar tampilan hidangan menjadi lebih menarik.

Ta-da! Ayam lada hitam ala restoran siap untuk dinikmati. Rasanya yang pedas, gurih, dan sedikit manis akan membuat kalian ketagihan. Hidangan ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Selamat mencoba!

Demikianlah artikel mengenai cara masak ayam lada hitam yang enak. Semoga dengan resep ini, Sobat Info Negeri dapat membuat hidangan yang lezat dan memuaskan selera. Jangan lupa untuk mencoba dan eksperimen dengan bumbu tambahan sesuai dengan selera masing-masing agar hidangan semakin istimewa. Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa pada artikel lainnya!