• Thu. Jul 18th, 2024

cara masak ayam goreng tepung

BySaputra

Nov 13, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak ayam goreng tepung yang lezat dan renyah. Siapa yang tidak suka dengan hidangan yang satu ini? Ayam goreng tepung memang menjadi salah satu makanan favorit di banyak rumah makan dan restoran. Nah, bagi kalian yang ingin mencoba membuatnya di rumah, yuk kita simak cara-cara praktisnya!

Sebelum kita mulai, pastikan bahan-bahan yang diperlukan sudah siap. Untuk membuat ayam goreng tepung, kita membutuhkan ayam potong, tepung terigu, tepung maizena, garam, merica bubuk, bawang putih bubuk, bawang bombay bubuk, paprika bubuk, telur, dan minyak goreng. Jika semua bahan sudah siap, mari kita lanjutkan prosesnya.

Langkah pertama, kita perlu membersihkan ayam terlebih dahulu. Cuci ayam dengan air bersih hingga bersih dan tiriskan. Setelah itu, kita bisa memotong ayam sesuai dengan selera. Ada yang suka potongan ayam besar, ada juga yang suka potongan ayam kecil.

Selanjutnya, kita bisa mempersiapkan adonan tepung untuk melapisi ayam. Dalam sebuah wadah, campurkan tepung terigu, tepung maizena, garam, merica bubuk, bawang putih bubuk, bawang bombay bubuk, dan paprika bubuk. Aduk rata semua bahan tersebut. Setelah itu, pecahkan telur ke dalam wadah terpisah dan kocok hingga tercampur rata.

Selanjutnya, ambil satu potong ayam dan celupkan ke dalam adonan telur. Pastikan seluruh permukaan ayam terlapisi dengan adonan telur. Setelah itu, angkat ayam dari adonan telur dan langsung masukkan ke dalam adonan tepung. Pastikan ayam terlapisi dengan tepung secara merata dan tekan-tekan sedikit agar tepung bisa menempel dengan baik.

Setelah semua ayam terlapisi tepung, panaskan minyak goreng dalam wajan yang cukup dalam. Pastikan minyak benar-benar panas sebelum memasukkan ayam. Cara untuk mengetahui minyak sudah panas atau belum, bisa dengan menaburkan sedikit adonan tepung ke dalam minyak. Jika adonan tersebut langsung mengapung dan berubah menjadi kecokelatan, berarti minyak sudah siap digunakan.

Setelah minyak panas, masukkan ayam satu per satu ke dalam wajan. Pastikan jarak antara satu potong ayam dengan potong ayam lainnya tidak terlalu rapat agar ayam bisa matang sempurna. Goreng ayam hingga warnanya menjadi kecokelatan dan permukaannya terlihat renyah. Jangan lupa untuk membalik ayam agar bagian atas dan bawahnya matang secara merata.

Setelah ayam matang, angkat dan tiriskan. Taruh ayam goreng tepung di atas kertas minyak atau tisu dapur untuk menyerap minyak berlebih. Setelah itu, ayam goreng tepung siap disajikan. Kamu bisa menambahkan saus sambal atau saus tomat sebagai pelengkap, tergantung selera.

Nah, itu tadi cara mudah dan praktis untuk membuat ayam goreng tepung yang lezat dan renyah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih sehat karena menggoreng sendiri, kamu juga bisa menyesuaikan rasa dan kelezatan ayam goreng tepung sesuai dengan selera keluarga.

Jangan lupa, setiap kali kita memasak, selalu gunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas. Pastikan juga kita menggoreng dengan minyak yang bersih dan tidak terlalu banyak menggunakan minyak agar lebih sehat. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Sobat Info Negeri dalam memasak ayam goreng tepung yang enak. Selamat mencoba!

By Saputra