cara masak asam pedas ikan kembung

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara masak asam pedas ikan kembung yang lezat dan menggugah selera. Siapa sih yang tidak suka dengan masakan yang pedas dan asam sekaligus? Dengan bahan-bahan yang sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti, kamu akan dapat menyajikan hidangan yang lezat untuk keluarga dan teman-temanmu. Yuk, simak artikel berikut ini!

Asam pedas ikan kembung adalah salah satu hidangan tradisional Indonesia yang sangat terkenal. Hidangan ini memiliki rasa pedas yang khas, ditambah dengan sensasi asam yang menyegarkan. Ikan kembung memiliki daging yang lezat dan mudah ditemui di pasar-pasar tradisional atau supermarket terdekat.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat asam pedas ikan kembung ini cukup sederhana dan mudah didapatkan. Kamu akan membutuhkan ikan kembung segar, bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, tomat, serai, daun jeruk, daun kemangi, serta bumbu penyedap seperti garam, gula, dan terasi. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan air asam jawa atau air jeruk nipis untuk memberikan rasa asam yang khas pada hidangan ini.

Langkah pertama dalam memasak asam pedas ikan kembung adalah membersihkan ikan. Bersihkan ikan kembung dengan air mengalir dan lumuri dengan garam secukupnya untuk menghilangkan bau amis. Setelah itu, bilas ikan dengan air bersih dan tiriskan.

Selanjutnya, haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai merah menggunakan blender atau ulekan. Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan sedikit minyak hingga harum dan matang. Tambahkan serai, daun jeruk, dan tomat yang telah dipotong-potong ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan masak hingga tomat menjadi lembut.

Setelah itu, tambahkan air asam jawa atau air jeruk nipis ke dalam tumisan. Aduk rata dan biarkan mendidih. Tambahkan gula, garam, dan terasi secukupnya untuk memberikan rasa yang gurih dan kaya. Koreksi rasa sesuai dengan selera masing-masing.

Kemudian, masukkan ikan kembung yang telah dibersihkan ke dalam rebusan bumbu. Pastikan ikan terendam sepenuhnya dalam kuah asam pedas. Tutup panci dan masak dengan api kecil hingga ikan matang dan bumbu meresap ke dalam daging ikan. Jika kamu menginginkan hidangan yang lebih pedas, tambahkan cabai rawit merah atau cabai sesuai dengan selera.

Terakhir, tambahkan daun kemangi ke dalam asam pedas ikan kembung yang telah matang. Aduk rata sebentar dan matikan api. Hidangan asam pedas ikan kembung siap dihidangkan! Kamu dapat menyajikannya dengan nasi hangat dan acar mentimun sebagai pelengkap.

Sobat Info Negeri, itulah cara sederhana untuk membuat asam pedas ikan kembung yang lezat. Hidangan ini cocok disantap saat cuaca sedang dingin atau ketika kamu ingin menyantap hidangan yang pedas dan segar. Selain itu, asam pedas ikan kembung juga dapat menjadi hidangan utama yang menggugah selera di meja makan keluarga atau saat berkumpul dengan teman-teman.

Jangan lupa untuk mencoba resep ini di rumah dan berbagi pengalaman memasakmu dengan Sobat Info Negeri lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!