Cara Buat Kue Kacang Kering yang Enak dan Praktis

Hello teman-teman pecinta kue! Hari ini saya akan berbagi resep cara membuat kue kacang kering yang lezat dan mudah untuk dipraktikkan di rumah. Kue kacang kering ini cocok sebagai camilan saat santai atau sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman. Yuk, mari kita mulai!

Bahan yang Diperlukan

Sebelum masuk ke proses pembuatan kue kacang kering, pastikan dahulu bahwa bahan-bahannya sudah siap. Berikut adalah bahan yang diperlukan untuk membuat kue kacang kering:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 250 gram
Kacang tanah sangrai, haluskan 200 gram
Gula pasir 150 gram
Margarin, lelehkan 150 gram
Susu cair 100 ml
Kuning telur 2 butir
Vanili bubuk 1/2 sendok teh
Garam 1/4 sendok teh
Pastikan bahan-bahan yang kamu perlukan sesuai dengan daftar di atas. Selanjutnya, siapkan loyang yang sudah dioles dengan margarin dan taburan tepung terigu. Sisihkan.

Cara Membuat Kue Kacang Kering

1. Langkah pertama dalam pembuatan kue kacang kering adalah mencampurkan tepung terigu, kacang tanah halus, gula pasir, vanili bubuk, dan garam. Aduk hingga merata.2. Tambahkan margarin leleh, susu cair, dan kuning telur. Aduk hingga adonan tercampur rata dan terasa lembut.3. Ambil sedikit adonan dan pipihkan dengan menggunakan tangan. Bentuk adonan sesuai dengan selera dan letakkan di atas loyang yang sudah dioles margarin dan tepung terigu.4. Lakukan proses yang sama hingga adonan habis.5. Setelah itu, panggang adonan dalam oven suhu 160 derajat Celsius selama 15-20 menit. Pastikan kue matang sempurna.6. Keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin sejenak.7. Kue kacang kering siap disajikan.

Tips untuk Membuat Kue Kacang Kering yang Enak

1. Sebaiknya gunakan kacang tanah sangrai yang diproses sendiri daripada yang sudah siap pakai untuk mendapatkan rasa yang lebih segar dan gurih.2. Jangan terlalu sering membuka oven saat proses pemanggangan, karena bisa mengurangi suhu oven dan mengganggu proses memanggang kue.3. Pastikan loyang yang digunakan sudah dioles margarin dan tepung terigu agar kue tidak lengket saat diangkat.

Kesimpulan

Itulah resep cara membuat kue kacang kering yang enak dan praktis. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan, kamu bisa membuat kue kacang kering sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!