cara bikin kue lapis tepung terigu dan tapioka

Hello semuanya! Apa kabar hari ini? Kali ini saya ingin berbagi resep cara bikin kue lapis tepung terigu dan tapioka yang lezat. Kue lapis ini adalah salah satu kue tradisional yang cukup populer di Indonesia dan biasanya disajikan pada acara-acara khusus seperti Lebaran, pernikahan, atau acara keluarga lainnya. Untuk membuat kue lapis ini, Anda tidak membutuhkan banyak bahan, dan resepnya sangat mudah diikuti. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kue lapis tepung terigu dan tapioka:

Bahan-bahan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 250 gram
Tepung tapioka 250 gram
Gula pasir 250 gram
Santan kental 1 liter
Garam 1 sendok teh
Pewarna makanan (opsional) Sesuai selera
Pandan (opsional) Secukupnya

1. Pertama-tama, siapkan loyang dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Olesi dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu atau tepung maizena agar adonan tidak lengket di loyang. Sisihkan.2. Selanjutnya, campurkan tepung terigu dan tepung tapioka ke dalam wadah yang berbeda. Aduk rata.3. Kemudian, dalam wadah lain, campurkan gula pasir, santan, dan garam. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.4. Setelah itu, masukkan campuran tepung terigu dan tepung tapioka ke dalam campuran gula pasir, santan, dan garam sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan tepung.5. Jika Anda ingin memberikan warna pada kue lapis Anda, tambahkan pewarna makanan dan aduk rata. Jika ingin memberikan aroma pandan, tambahkan irisan daun pandan dan aduk rata.6. Kemudian, panaskan oven pada suhu 150 derajat Celsius.7. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Agar lapisan terbentuk dengan rapi, tutup loyang dengan aluminium foil atau plastik wrap selama proses pemanggangan.8. Panggang adonan dalam oven selama kurang lebih 30 menit atau hingga kue matang. Anda bisa mengetes kematangan kue dengan menusukkan tusuk gigi atau lidi ke dalam adonan. Jika tusuk gigi atau lidi keluar bersih, tandanya kue sudah matang.9. Setelah kue matang, angkat dari oven dan biarkan dingin. Setelah dingin, keluarkan kue dari loyang dan potong-potong sesuai dengan selera Anda.10. Kue lapis tepung terigu dan tapioka siap disajikan! Anda bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara agar tahan lebih lama.Nah, itu dia cara bikin kue lapis tepung terigu dan tapioka yang lezat dan mudah dibuat. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa share resep ini ke teman-teman Anda ya. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Kesimpulan:

Dalam membuat kue lapis tepung terigu dan tapioka, Anda hanya membutuhkan beberapa bahan seperti tepung terigu, tepung tapioka, gula pasir, santan kental, garam, pewarna makanan, dan pandan (opsional). Langkah-langkahnya pun sangat mudah, bahkan untuk Anda yang masih pemula dalam memasak. Selamat mencoba!