• Wed. Jul 17th, 2024

resep masak sayur asem

BySaputra

Nov 10, 2023

Hello Sobat Info Negeri, selamat datang di artikel kami kali ini! Kali ini kita akan membahas tentang salah satu hidangan tradisional Indonesia, yaitu sayur asem. Siapa yang tidak mengenal masakan yang satu ini? Sayur asem adalah sayuran yang dimasak dengan kuah asam yang segar dan lezat. Rasanya yang khas dan segar membuat sayur asem menjadi makanan favorit banyak orang. Bagi Anda yang ingin belajar membuat sayur asem sendiri di rumah, yuk simak resep masak sayur asem berikut ini!

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sayur asem antara lain:1. 2 buah jagung manis, potong-potong2. 2 buah kacang panjang, potong-potong3. 1 buah labu siam, kupas dan potong dadu4. 2 buah terong ungu, potong dadu5. 100 gram melinjo, rendam air panas dan tiriskan6. 100 gram daun melinjo7. 2 buah cabai merah, iris tipis8. 3 lembar daun salam9. 2 cm lengkuas, memarkan10. 3 lembar daun jeruk, iris tipis11. 1 liter air12. 2 sendok teh gula jawa, serut13. 2 sendok makan air asam jawa14. Garam secukupnya

Setelah Anda menyiapkan semua bahan, langkah-langkah berikut ini akan membantu Anda dalam memasak sayur asem yang lezat:

1. Pertama-tama, rebus air dalam panci hingga mendidih. Setelah itu, masukkan jagung manis yang sudah dipotong-potong. Masak hingga jagung matang sekitar 5-10 menit.

2. Selanjutnya, masukkan kacang panjang, labu siam, terong ungu, melinjo, dan daun melinjo ke dalam panci. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.

3. Tambahkan daun salam, lengkuas, daun jeruk, dan cabai merah iris ke dalam panci. Aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.

4. Setelah itu, tambahkan air asam jawa, gula jawa serut, dan garam secukupnya ke dalam panci. Aduk rata dan biarkan sayur asem mendidih.

5. Jika sudah mendidih, cicipi dan sesuaikan rasa sayur asem sesuai selera Anda. Jika perlu, tambahkan gula atau garam untuk mendapatkan rasa yang lebih pas.

6. Setelah mendidih dan rasa sayur asem sudah sesuai dengan selera, angkat panci dari kompor dan sajikan sayur asem dalam mangkuk.

7. Sayur asem siap disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal terasi. Nikmati kelezatan sayur asem dengan rasa asam yang segar dan kuah yang gurih!

Itulah resep masak sayur asem yang bisa Anda coba di rumah. Sayur asem merupakan hidangan yang sangat cocok untuk dinikmati setiap hari, terutama pada musim hujan atau saat cuaca sedang tidak enak. Selain rasanya yang lezat, sayur asem juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Beberapa manfaatnya antara lain membantu mencerna makanan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan pencernaan.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep masak sayur asem di atas ya, Sobat Info Negeri. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam memasak sayur asem yang lezat dan sehat di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati sajian sayur asem yang segar dan lezat! Terima kasih telah membaca artikel ini.

By Saputra