• Sun. Jul 14th, 2024

olahan ikan pari

BySaputra

Nov 18, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang olahan ikan pari yang lezat dan menyehatkan. Ikan pari memang tidak sepopuler ikan-ikan lainnya seperti salmon atau tuna, namun rasanya yang lezat dan kandungan gizinya yang tinggi membuatnya patut untuk dicoba. Jadi, jika Sobat Info Negeri ingin mencoba variasi baru dalam hidangan ikan, mari kita bahas lebih lanjut tentang olahan ikan pari yang bisa kamu coba di rumah!

Ikan pari adalah ikan laut yang unik dengan bentuk tubuhnya yang pipih dan sirip yang mirip dengan sayap. Ikan ini dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Meskipun biasanya terlihat menakutkan, ikan pari sebenarnya memiliki daging yang lezat dan tekstur yang lembut.

Salah satu cara populer untuk mengolah ikan pari adalah dengan membakarnya atau menyajikannya sebagai ikan bakar. Kamu bisa membeli ikan pari segar dari pasar atau toko ikan terdekat, kemudian membersihkannya dengan hati-hati. Setelah itu, lumuri ikan pari dengan campuran bumbu seperti garam, merica, dan perasan lemon. Bakar ikan pari di atas bara api atau panggangan sampai matang sempurna. Hidangan ikan bakar ini bisa disajikan dengan nasi hangat dan sambal pedas untuk menambah cita rasa.

Selain ikan bakar, ikan pari juga enak saat digoreng. Sobat Info Negeri dapat menghidangkan ikan pari goreng dengan bumbu rempah yang kaya. Pertama, siapkan ikan pari yang sudah bersih, kemudian lumuri dengan bumbu yang terdiri dari kunyit, bawang putih, jahe, dan sedikit garam. Diamkan sejenak agar bumbu meresap ke dalam daging ikan pari. Setelah itu, goreng ikan pari dalam minyak panas hingga kecokelatan. Sajikan dengan saus pedas atau sambal sebagai pelengkapnya. Yummy!

Selain itu, ikan pari juga bisa diolah menjadi pepes. Pepes ikan pari adalah hidangan khas Indonesia yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Pertama, haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, dan terasi. Campurkan bumbu halus dengan santan kelapa dan tambahkan sedikit garam dan gula. Lumuri ikan pari dengan bumbu tersebut dan bungkus dengan daun pisang. Panggang di atas api sedang hingga matang sempurna. Pepes ikan pari siap disantap dengan nasi hangat dan sambal terasi.

Selain rasanya yang lezat, ikan pari juga diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan. Ikan ini kaya akan protein, vitamin D, dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Omega-3 membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, ikan pari juga mengandung zat besi, fosfor, dan magnesium yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Dalam memilih ikan pari, pastikan untuk memilih yang segar dan bebas dari bau yang tidak sedap. Pilih ikan pari dengan kulit yang lembut dan tidak rusak. Jika membeli ikan pari beku, pastikan untuk membekukannya dengan benar dan mengikuti petunjuk penyimpanan yang tertera pada kemasan.

Nah, itulah beberapa olahan ikan pari yang bisa Sobat Info Negeri coba di rumah. Selain lezat, ikan pari juga menyediakan berbagai manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh kita. Jadi, jangan ragu untuk mencoba olahan ikan pari ini dalam menu makananmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Saputra