• Thu. Jul 18th, 2024

cara masak tahu putih

BySaputra

Nov 16, 2023

Hello Sobat Info Negeri! Selamat datang di dunia kuliner kami yang penuh dengan kelezatan dan keunikan. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara masak tahu putih yang lezat dan sederhana. Siapa yang tidak menggemari tahu putih yang lembut dengan tekstur yang kenyal? Tahu putih adalah salah satu bahan makanan yang populer dan serbaguna di Indonesia. Mari kita temukan cara memasak tahu putih yang cocok untuk hidangan sehari-hari atau acara spesial.

Pertama-tama, kita perlu mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Untuk resep ini, kita akan menggunakan 300 gram tahu putih segar, 2 siung bawang putih yang telah dihaluskan, 1 sendok teh garam, 1/2 sendok teh merica bubuk, 2 sendok makan tepung maizena, dan minyak goreng secukupnya. Jika sobat ingin menambahkan bumbu-bumbu lain seperti kecap manis atau saus sambal, itu adalah pilihan yang baik untuk memberikan rasa yang lebih kaya dan variatif.

Setelah bahan-bahan terkumpul, langkah berikutnya adalah mengolah tahu putih. Pertama, kita perlu mengambil tahu putih dan memerasnya dengan menggunakan tangan. Tujuan dari langkah ini adalah untuk menghilangkan kelembaban berlebih dalam tahu dan membuatnya lebih kenyal saat dimasak. Setelah tahu putih dikempiskan, kita dapat memotongnya menjadi bentuk-bentuk yang diinginkan, seperti dadu atau segitiga. Jangan lupa untuk mencuci tahu putih dengan air biasa untuk menghilangkan rasa amis yang mungkin ada.

Selanjutnya, kita akan memasak tahu putih. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan tahu putih yang telah dipotong ke dalam wajan. Goreng tahu putih hingga berubah menjadi keemasan di luar dan lembut di dalam. Pastikan untuk membolak-balik tahu agar matang secara merata. Jika sobat ingin tahu putih yang lebih renyah, sobat dapat menggorengnya hingga berwarna cokelat keemasan yang lebih dalam.

Setelah tahu putih matang, angkat dan tiriskan. Mengutip perkataan seorang koki terkenal, “penirisan tahu putih adalah kunci untuk menghasilkan hidangan yang garing dan lezat”. Jadi, jangan ragu-ragu untuk meniriskan tahu putih dengan baik agar minyak berlebih dapat terbuang.

Sekarang, saatnya untuk memberikan sentuhan terakhir pada tahu putih yang gurih ini. Dalam wajan yang sama, tumis bawang putih halus hingga harum. Tambahkan garam dan merica bubuk, aduk rata. Kemudian, masukkan tahu putih yang telah ditiriskan ke dalam wajan. Aduk perlahan agar bumbu meresap ke dalam tahu putih secara merata.

Saat tahu putih telah tercampur dengan bumbu, kita dapat menambahkan sedikit air untuk memberikan kelembutan tambahan pada tahu putih. Untuk memberikan sedikit kelezatan ekstra, tambahkan tepung maizena yang telah dilarutkan dalam air ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan masakan mendidih sebentar hingga sausnya mengental.

Dan voila! Tahu putih yang lezat dan bergizi siap disajikan. Sobat dapat menyajikan tahu putih dengan nasi hangat atau mie goreng sebagai hidangan utama. Jangan lupa untuk menambahkan sayuran segar atau hidangan pendamping lain untuk memberikan sentuhan keseimbangan pada hidangan ini.

Tahu putih yang renyah di luar dan lembut di dalam adalah hidangan yang sempurna untuk dinikmati oleh semua orang. Selain itu, tahu putih juga kaya akan protein nabati dan rendah lemak, menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang menjalani pola makan sehat.

Jadi, itulah cara sederhana untuk memasak tahu putih yang lezat dan bergizi. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi dalam mengolah bahan makanan yang sederhana menjadi hidangan yang lezat dan memuaskan. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

By Saputra