cara masak ayam woku

Hello Sobat Info Negeri! Apa kabar kalian hari ini? Semoga semuanya dalam keadaan baik dan sehat ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara masak ayam woku, sebuah hidangan khas dari Indonesia yang memiliki cita rasa yang khas dan lezat. Siapkan diri kalian untuk memasuki dunia masakan yang menggugah selera ini!

Ayam woku adalah salah satu hidangan tradisional yang berasal dari Sulawesi Utara, khususnya dari suku Minahasa. Hidangan ini terkenal dengan bumbu yang kuat dan aroma yang harum. Ayam woku biasanya disajikan dengan nasi putih hangat atau nasi kuning, serta lalapan segar seperti daun kemangi atau irisan timun dan tomat.

Untuk memasak ayam woku, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Sobat Info Negeri ikuti:1. Persiapkan bahan-bahan yang diperlukan, antara lain:- 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian- 5 buah cabai merah besar, iris tipis- 10 buah cabai rawit, iris tipis (sesuai selera)- 5 siung bawang merah, iris tipis- 4 siung bawang putih, iris tipis- 4 lembar daun jeruk- 2 batang serai, memarkan- 2 cm lengkuas, memarkan- 2 buah tomat, potong-potong- 3 sendok makan minyak goreng- Garam secukupnya

2. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan berubah warna menjadi kecokelatan.

3. Masukkan ayam ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu tumis. Tambahkan cabai merah dan cabai rawit, lalu aduk kembali hingga bumbu merata.

4. Selanjutnya, masukkan daun jeruk, serai, dan lengkuas ke dalam wajan. Aduk perlahan agar bumbu meresap ke dalam ayam dengan baik. Biarkan ayam matang selama beberapa menit.

5. Setelah itu, tambahkan potongan tomat ke dalam wajan dan aduk rata. Biarkan bumbu dan tomat matang bersama-sama.

6. Terakhir, tambahkan garam secukupnya sesuai dengan selera. Aduk rata dan masak ayam woku hingga bumbu meresap dan ayam matang sempurna.

7. Angkat ayam woku dari wajan dan sajikan dengan nasi putih hangat atau nasi kuning. Kamu juga bisa menambahkan lalapan segar seperti daun kemangi, timun, dan tomat sebagai pelengkap.

Tadaa! Ayam woku lezat ala Minahasa siap untuk dinikmati. Dengan tekstur ayam yang empuk dan bumbu woku yang kaya rempah, hidangan ini pasti akan memanjakan lidah kalian. Selamat mencoba dan jangan ragu untuk bereksperimen dengan rasa dan bumbu sesuai dengan selera masing-masing.

Selain memiliki cita rasa yang lezat, ayam woku juga mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh kita. Ayam merupakan sumber protein yang baik, sementara bumbu-bumbu yang digunakan seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Oleh karena itu, ayam woku dapat menjadi pilihan hidangan yang sehat dan lezat bagi Sobat Info Negeri yang sedang menjaga pola makan seimbang.

Demikianlah artikel tentang cara masak ayam woku yang santai ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sobat Info Negeri yang ingin mencoba masakan tradisional Indonesia yang lezat ini. Jangan lupa untuk selalu mencoba resep-resep baru dan mengeksplorasi kelezatan kuliner Indonesia yang beragam. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan ayam woku yang lezat!